Bisnis Sembako Berbantuan Aplikasi Super

Sembako (sembilan bahan pokok) pada umumnya merupakan bahan dasar yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Sembilan bahan pokok yang dimaksud meliputi: beras/sagu/jagung, gula pasir, sayur/buah, daging, minyak goreng, susu, telur ayam, minyak tanah/gas elpiji, dan garam dapur. Toko yang menjual sembako selanjutnya dikenal sebagai toko kelontong.

Sembako merupakan kebutuhan primer yang perlu dipenuhi oleh setiap orang tanpa terkecuali. Oleh karena itu, mustahil apabila ada satu hari di mana pasar tradisional yang menyediakan sembako sepi. Bahkan, kegiatan sosial seperti pembagian sembako gratis, selalu ramai dan menciptakan kerumunan yang kadang tak terelakkan. Fakta ini sebenarnya dapat dijadikan alasan untuk memperkuat tekad untuk menjalankan bisnis sembako karena masyarakat pada dasarnya membutuhkan sembako untuk menyambung hidup.

Setiap orang pada dasarnya harus memenuhi kebutuhan sembakonya
Gambar 1. Setiap orang pada dasarnya harus memenuhi kebutuhan sembakonya

Dalam dunia niaga, bisnis sembako dapat menjadi alternatif untuk menghasilkan cuan, asalkan dibalut dengan manajemen yang tepat. Bisnis ini tidak akan pernah mati karena belanja kebutuhan sehari-hari merupakan kegiatan pokok yang tidak mungkin ditinggalkan. Sebagian orang bahkan menjadikan bisnis sembako sebagai sumber penghasilan utama. Bisnis sembako juga tidak terlepas dari apa yang disebut sebagai kulakan. Kulakan artinya membeli barang dari agen secara grosir dalam kuantitas yang besar, kemudian dijual kembali secara eceran. Kulakan sembako dengan harga murah selalu menjadi andalan para pemilik warung dan toko kelontong.

Mengambil langkah untuk terjun ke dalam bisnis sembako merupakan suatu keberanian yang perlu diapresiasi. Bisnis sembako tidak bisa dikatakan sebagai bisnis kecil-kecilan yang dapat dilakukan dengan metode “coba-coba”. Apalagi di zaman sekarang ini, ilmu manajemen dan promosi sudah sangat bergema di telinga masyarakat sehingga kemampuan tersebut sangat disarankan untuk diemban oleh setiap pemilik bisnis sembako. Menjual barang kebutuhan pokok yang diperlukan setiap orang terdengar cukup menjanjikan, bukan?

Gambar 2. Kemampuan manajerial merupakan salah satu pendukung keberhasilan bisnis sembako

Pada dasarnya, menjalankan bisnis sembako memang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Jangan sekali-kali meremehkan bisnis sembako karena bila dalam skala dan ruang lingkup yang besar, bisnis ini berpotensi menggelegar seperti badai di siang bolong. Namun masalahnya, pengelola toko kelontong terkadang mengalami kesulitan dalam mencari agen kolakan yang dapat dipercaya dan dapat sama-sama membangun sistem mutualisme.

Namanya bisnis memang tidak bisa dilepaskan dari analisis risiko. Untung rugi dalam bisnis sembako acap kali menjadi faktor pengendali risiko yang diperhitungkan. Jangan sampai mencari keuntungan segede gunung dengan cara yang tidak sportif, misalnya memasok barang-barang yang berkualitas buruk untuk dijual dengan harga standar atau barangkali lebih mahal. Selain itu, para pebisnis sembako seharusnya menyempatkan diri untuk menyurvei harga barang di pasar agar bisa dijadikan patokan untuk menetapkan harga. Menjual barang dengan harga yang terlalu mahal maupun terlalu murah tidak semestinya terlintas dalam pikiran. Di satu sisi pebisnis sembako bakal kehilangan pelanggan, tetapi di sisi lain pebisnis mengalami kerugian yang kontinu.

Lebih lanjut, para pebisnis sembako acap kali menghadapi masalah ketika membicarakan pasokan barang. Ini dikarenakan mereka harus berpikir secara bijak, bagaimana barang yang dijual dapat dipasok dengan harga yang terjangkau sehingga mendatangkan keuntungan yang sesuai dengan ekspektasi. Menemukan pemasok barang tidak serta merta dapat dikatakan mudah. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, misalnya lokasi pemasok, track record, tawaran harga, dan sebagainya. Hal ini lantas membuat orang untuk berpikir seribu kali untuk memulai bisnis sembako dari nol.

Gambar 3. Pelanggan merupakan garda penentu keberhasilan bisnis sembako

Tidak perlu khawatir, bisnis sembako yang Anda idam-idamkan akan berkembang pesat apabila Anda melibatkan Aplikasi Super, yaitu aplikasi toko kelontong yang memberikan banyak kemudahan bagi Anda sebagai pengguna. Dengan menggunakan Aplikasi Super, Anda bisa lebih mudah mendapatkan banyak keuntungan. Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui Playstore dan segala informasi dapat Anda akses melalui laman Instagram @aplikasisuper. Aplikasi yang identik dengan warna biru ini digunakan untuk membantu agen dan toko kelontong untuk kulakan sembako dengan cara yang mudah dan murah. Aplikasi Super dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat secara umum, baik kepada agen dan pihak toko kelontong sebagai pelanggan, melalui distribusi barang kebutuhan pokok yang harganya dipastikan terjangkau.

Super Bohay

Aplikasi Super memberikan Anda harga grosir yang murah sehingga Anda bisa menjual kembali dengan keuntungan yang lebih besar. #SuperBohay menambah kedahsyatan keuntungan yang akan Anda dapatkan!

Belanja Super Mudah bukan lagi impian belaka. Kini menjadi kenyataan dengan adanya Aplikasi Super. Keluhan harga sembako yang mahal tidak ada di dalam kamus Aplikasi Super. Tidak perlu menelepon sales atau pergi untuk melakukan transaksi kulakan barang. Cukup dengan langsung cus ke Aplikasi Super, tidak perlu ribet lagi untuk belanja berbagai macam barang. Kurir akan mengirimkan barang pesanan Anda ke lokasi pengiriman yang ditentukan dalam waktu yang singkat dan jeng jeng jeng, TANPA ongkos kirim, alias GRATIS.

Gambar 4. Keuntungan Aplikasi Super: 1) Kulakan Mudah, 2) Harga Bersaing, dan 3) Bebas Ongkir.

Dengan berbantuan Aplikasi Super, Anda akan dipermudah dalam mengatur stok di toko yang Anda kelola dengan menggunakan fitur Toko Saya. Pencatatan transaksi penjualan dan pengelolaan produk dijamin akan lebih praktis. Ditambah lagi fitur Super Kas, Anda belanja tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Fleksibel dan nyaman, bukan?

Fitur Toko Saya dapat Anda akses melalui Aplikasi Super
Gambar 5. Fitur Toko Saya dapat Anda akses melalui Aplikasi Super

Salah satu program Aplikasi Super yang bertujuan untuk memajukan bisnis sembako Anda adalah Super Center. Program ini mengintegrasikan 3P: Pelatihan, Pendapatan, dan Promosi. Menariknya, banyak sekali keunggulan yang didapat dari program ini. Keunggulan tersebut antara lain: (1) tanpa modal, tanpa jaminan, tanpa risiko, (2) isi stok barang otomatis, (3) tersistematisasi dengan komputer, (4) adanya sistem keanggotaan digital, (5) dukungan promosi yang berkelanjutan di media sosial, dan masih banyak yang lain. Ada juga program Super Agen yang merupakan program kemitraan untuk menambah penghasilan Anda dengan menjual produk kebutuhan rumah tangga. Duh, bener-bener positive vibes, deh.

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa toko kelontong selalu minimalis dengan lokasi berupa ruko yang beralaskan kayu. Padahal, toko kelontong dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mengintegrasikan bantuan teknologi seperti mesin kasir, scanner, dan sebagainya, termasuk Aplikasi Super. Semakin lengkap fasilitas yang Anda sediakan dalam usaha sembako Anda, maka semakin banyak orang tertarik untuk siap sedia menjadi pelanggan Anda. Oleh karena itu, berpikir inovatif dan kreatif merupakan sikap sosial yang perlu ditanamkan dalam proses manajerial bisnis sembako.

Bisnis sembako Anda akan berkembang pesat bersama Aplikasi Super
Gambar 6. Bisnis sembako Anda akan berkembang pesat bersama Aplikasi Super

Selain itu, Aplikasi Super juga membentuk komunitas untuk berbagi informasi, pengalaman bisnis, serta mempererat jalinan silaturahmi antarsesama Mitra Super Center. Komunitas tersebut adalah Komunitas Sedulur Super. Hobi dan passion akan mengumpulkan Anda pada teman-teman Anda yang satu frekuensi. Tetap semangat! Semoga bisnis sembako Anda sukses bersama Aplikasi Super!

20 Replies to “Bisnis Sembako Berbantuan Aplikasi Super”

  1. Saya harap Aplikasi seperti ini dapat diperluas sampai ke tingkat nasional sehingga setiap pemilik bisnis sembako dapat terbantu.

  2. Ternyata aplikasi ini sangat bermanfaatt buat yang mau bisnis sembako, apalagi dimasa pandemi seperti ini. Terima kasih informasinyaa

  3. Apakah aplikasi ini hanya untuk bisnis sembako? Untuk bisnis elektronik kebutuhan rumah bagaimana ? Mohon beri pencerahannya pak 🙏🏻

  4. Wah… Gak pernah bosen baca blog ini deh. 😄😄😄
    Menarik sekali aplikasi ini. Saya baru tahu ada aplikasi kayak gini, bermanfaat banget buat yang mau bisnis sembako. #Recommended👍

    Terima kasih infonya dan semangat untuk membagikan informasi-informasi lain ke depannya ya!!!
    #Wadidaw🤟🤟🏻

Tinggalkan Balasan

Silakan beri tanggapan dan saran, tidak perlu sungkan. Mohon juga diinformasikan melalui kolom komentar ini bila ada kesalahan pengetikan sekecil apapun (typo atau bahasa latex yang error) atau kesalahan konsep dan pembahasan soal. Terima kasih. Ganbatte!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *