Brainly, Situs dan Aplikasi sebagai Wadah Belajar Bersama!



         Brainly adalah perusahaan berbasis teknologi pendidikan multinasional yang berpusat di Krakow, Polandia dan New York, AS. Brainly memegang kendali sebuah jaringan untuk belajar bersama bagi siswa dan pendidik. Pengguna Brainly bahkan sudah mencapai 80 juta user dan tentunya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Situs pertama Brainly sendiri diluncurkan pada tahun 2009. Mengenai informasi terkait Brainly beserta sejarahnya dapat kalian baca di sini.

Bagaimana Brainly bekerja?
        Setelah kamu membuat akun Brainly (Klik sini untuk mendaftar), kamu sudah dapat belajar di wadah pendidikan ini. Terkhusus di Indonesia, alamat resmi situs Brainly adalah https://brainly.co.id/.  Selain melalui website/browser, sobat Brainly juga bisa menggunakan Brainly dalam format aplikasi yang dapat diunduh di Playstore “Brainly Homework Help and Solver” atau singkat saja “Brainly“.  Sobat perlu memasang aplikasi ini dengan mengklik “Install”.  Ukuran aplikasi ini juga tidak berat, hanya sebesar 30 MB (total).

                Perlu juga kamu ketahui bahwa Brainly menggunakan sistem poin. Awalnya, kamu akan diberi 50 poin saat login untuk pertama kalinyaPoin ini akan digunakan sebagai “uang” untuk membayar mereka yang telah menjawab pertanyaanmu. Tapi untungnya, kamu berhak menentukan berapa besar poin yang akan kamu taruhkan ketika menanyakan suatu pertanyaan. Jika user lain menjawab, maka dia akan mendapatkan 1/2 dari poin yang kamu taruhkan (minimal 10 poin, maksimal 100 poin). 

Bagaimana dengan akun pengguna (user account)?
      Jika kamu sudah memiliki akun Brainly, kamu dapat melihat status/identitas akun kalian melalui http://brainly.co.id setelah login. Sebagai contoh, perhatikan gambar berikut (akun Brainly saya: ShanedizzySukardi)
Sistem Poin dan Jawaban Terbaik
         Modal awal kamu di Brainly sebesar 50 poin. Manfaatkan poin ini untuk bertanya seperlunya. Hargailah setiap pertanyaan dengan poin yang sesuai. Karena poin minimum yang dapat kamu taruhkan di setiap pertanyaan sebesar 10 poin, maka 5 pertanyaan yang kamu ajukan dengan taruhan poin seperti ini akan membuat poinmu habis, sehingga kamu tidak dapat mengajukan pertanyaan lagi. Ada beberapa cara mendapatkan poin:
1. Login Brainly
        Ini adalah cara yang paling mudah mendapatkan 5 poin tiap harinya, yaitu dengan login (masuk) ke Brainly.
2. Menjawab Pertanyaan
            Cara ini merupakan cara yang paling mendasar bagi kita untuk mendapatkan poin. Setiap pertanyaan telah diberi harga poin (minimal 5 poin/maksimal 50 poin akan kamu dapatkan jika menjawab pertanyaan).
3. Mendapatkan Jawaban Terbaik
          Selain menambah popularitasmu, Jawaban Terbaik yang diberikan oleh user penanya juga memberimu 1/2 dari jumlah poin yang kita dapat saat menjawab pertanyaan yang ia ajukan. Jadi, misalnya A mengajukan pertanyaan dengan 60 poin (berarti penjawab mendapatkan 30 poin). Jika A menjadikan jawaban kita sebagai jawaban terbaik, maka kita akan
memperoleh 15 poin tambahan (jadi totalnya 45 poin).
4. Menyelesaikan Tantangan

            Untuk menerima tantangan, bukalah situs Brainly (website, bukan di app), login, dan carilah panel “tantangan yang tersedia“. Poinnya bermacam-macam, ada yang 50 poin, 100 poin, dan 400 poin tergantung dari seberapa sulit tantangan itu dilakukan. Tantangan yang dimaksud misalnya: “Menjawab 25 pertanyaan materi pelajaran matematika” dalam waktu 48 jam. Jika melewati durasi, tantangan dianggap gagal dan kamu harus mencari ulang tantangan yang ada di panel. Btw, tantangan dapat dilakukan terus menerus tanpa ada batasnya, loh. Ini berarti, kamu bisa menjadikan ini sebagai sumber utama mendapatkan banyak poin. Perlu ditekankan sekali lagi bahwa kolom “Tantangan” (seperti gambar) hanya bisa dilihat pada website https://brainly.co.id/, bukan melalui app (mobile).
              Jawaban terbaik (Brainliest answer) diberikan oleh user penanya. Ketika ada 2 akun/user yang menjawab pertanyaan yang diajukan olehnya, tombol “Jadikan Jawaban Terbaik” akan muncul di kolom jawaban mereka. Tetapi, bila hanya ada 1 akun yang menjawab, dalam waktu kurang lebih 1 hari, tombol itu akan muncul di kolom jawabannya. User penanya berhak memberikan jawaban terbaik kepadanya atau tidak. Selain menguntungkan penjawab, user penanya juga mengalami untung ketika menjadikan jawaban user penjawab sebagai jawaban terbaik, karena mereka akan mendapatkan 1/2 dari banyaknya poin yang ia taruhkan untuk mengajukan pertanyaan itu.

Apa untungnya di Brainly?
          Well, saya sudah menggunakan Brainly sejak Bulan Juni 2017 dan masih aktif sampai sekarang. Tentu saja, ada hal yang menyenangkan saat menggunakan Brainly.
         Pertama, Brainly sungguh sangat membantu saya dalam belajar dan menyelesaikan berbagai soal serta pertanyaan-pertanyaan yang bergerumuh di pikiran. Sejauh ini, pertanyaan yang sudah saya ajukan mencapai 200+ (akan terus bertambah), dan solusinya terselesaikan berkat bantuan user lain/penjawab.
        Kedua, saya diuntungkan dengan koleksi pertanyaan beserta jawaban yang disimpan dalam arsip Brainly. Brainly sendiri menyediakan fasilitas SEARCH QUESTION sehingga bila kita mengetikkan pertanyaan (dengan kata-kata yang sama), maka akan muncul daftar pertanyaan serupa. Umumnya, jawaban dari pertanyaan itu telah diverifikasi, tetapi tidak jarang juga saya menemukan jawaban yang tidak masuk akal, spam, atau tidak benar. 
         Ketiga, jelas ilmu saya bertambah! Saya sudah menjawab 7000+ pertanyaan sejauh ini (akan terus bertambah). Banyak soal-soal yang dijawab merupakan soal matematika (karena minat saya di mapel itu). Kadang saya menemukan soal yang mudah dijawab, ada juga yang sulit dijawab. Tentu saja sebagai pecinta matematika, saya tidak langsung meninggalkan pertanyaan yang sulit itu. Sebagai wadah belajar, saya melakukan screenshot (SS), kemudian menyimpan hasilnya ke dalam galeri untuk kemudian diselesaikan di lain waktu atau bertanya kepada guru/dosen. Mungkin teman-teman boleh mencoba ini. Tidak hanya matematika, mapel lain juga bisa, kok. Berikut ini adalah sampel hasil screeshot pertanyaan yang saya lakukan.

            Keempat, Brainly memperkenalkan saya dengan LaTEX, fitur mirip bahasa pemrograman yang berguna untuk menginput format tulisan matematika, seperti EQUATION dalam Ms. WORD. Blog ini tercipta juga berkat Brainly karena hampir semua postingan menggunakan LaTEX.  Dari gambar di bawah, kalian tentu bisa melihat bagaimana kerennya penggunaan LaTEX (atas) jika dibandingkan penulisan secara manual (bawah).

         Kelima, tentu saja komunitas/relationship bertambah lebih luas. Brainly adalah suatu komunitas, sehingga tak heran bila kita mendapatkan kenalan baru dari pengguna Brainly, khususnya di Indonesia. Selain sharing ilmu, kita juga bisa menambah pengalaman saat berada dalam satu komunitas ini.

Bagaimana dengan ranking/pangkat dalam Brainly?
       Jika poin yang kalian kumpulkan semakin banyak, maka ranking kalian akan semakin tinggi. Apa manfaatnya menaikkan ranking? Tentu saja, orang akan lebih percaya pada jawaban dari user dengan ranking yang tinggi dan tentunya kalian secara tidak langsung memotivasi mereka untuk terus belajar bersama di Brainly dengan mengumpulkan poin. Berikut ini adalah daftar ranking di Brainly.

1. Pemula (0 poin, 0 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
“You’re off to a good start, so take that next step and answer that first question.”
         Sang pemula, pahlawan baru di Brainly yang akan memulai petulangannya membantu dan memberi penerangan kepada user yang lain. Ranking ini merupakan ranking yang paling sering dijumpai, karena merupakan ranking paling rendah. Berdasarkan observasi, saya sendiri melihat banyak user yang kurang percaya dengan jawaban dari seorang “pemula”, tapi bagi kalian yang berada pada ranking ini, tunjukkan bahwa kalian tak pantas diremehkan dan diragukan jawabannya, ya!

2. Pesaing Unggulan (70 poin, 0 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
          Ketika 70 poin sudah kamu dapatkan, kamu akan mendapatkan ranking ini. Mereka adalah bukti bahwa seorang pemula tak pantas diremehkan!

3. Bintang Kelas (85 poin, 0 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
        Sang bintang kelas merupakan seorang calon perwira baru dalam Brainly. Mereka sudah dipersiapkan secara matang untuk memberikan jawaban terbaiknya bagi para user yang membutuhkan bantuannya. Kumpulkan 85 poin untuk mendapatkan ranking ini.

4. Gemar Membantu (100 poin, 0 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
         “You’re just starting out with us and doing a great job! It’s clear you want to help others and are already posting some super helpful answers. Keep it up!
Jika kamu berada pada pangkat ini, berarti kamu telah memasuki zona baru. Jawabanmu sudah mulai dipercaya dan tentunya tingkat kepercayaan (reliabilitas) orang kepadamu untuk memberikan jawaban terbaik (brainliest/best answers) semakin tinggi. Teruslah membantu, sebagaimana nama ranking ini, ya! Untuk mendapatkan ranking ini, dapatkan 100 poin.

5. Ambisius (250 poin, 0 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
        “We need YOU.. as a knowledgeable and reliable member who has already helped so many of your peers. Other users can expect the best from you. As an Ambitious member, you’re climbing your way up the Brainly ranks one great answer at a time!
        Sesuai nama ranking ini, kamu adalah seorang yang ambisius, tapi bukan ambisius terhadap harta ataupun kekayaan, melainkan ambisius untuk menyelesaikan masalah user lain di Brainly. Bantulah mereka dengan memberikan jawaban terkece-mu. Poin untuk menggapai ranking ini juga cukup jauh dengan ranking “Gemar Membantu”, yaitu sebesar 250 poin.

6. Terpelajar (500 poin, 5 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
      “You’re a stand-up Brainly citizen with some pretty impressive skills. Only those active members with excellent reviews and recommendations from other members can achieve Virtuoso status.”
         Rankingmu semakin tinggi! Kamu juga mulai dituntut untuk mendapatkan jawaban terbaik dari user yang kamu tolong. Tunjukkan kepada mereka bahwa jawabanmu pantas dijadikan BRAINLIEST ANSWERS. Untuk mencapai ranking ini, dapatkan 500 poin dan 5 jawaban terbaik dalam 1 bulan.

7. Pakar (1.000 poin, 10 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
       “Respect. You’ve mastered a specific subject, which makes you an Expert. You are now a member of an elite class of Brainly members who are recognized by other users.
         Jawaban seorang “Pakar” Brainly patut dipercaya. Mereka telah belajar banyak hal dan sudah dapat beradaptasi dengan lingkungan Brainly. Dapatkan 1.000 poin dan 10 jawaban terbaik dalam 1 bulan untuk mencapai ranking ini.

8. Si Hebat (3.000 poin, 15 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
         “You’re on fire! You’re consistently posting great answers and have been a member for a while now. If an expert is brilliant, you’re one step above! Keep going… one more rank to go!”
         Apalagi seorang Si Hebat! Banyak user yang menunggu jawaban brilian mereka. Mereka sudah dianggap seperti seorang guru sejati, dengan mendatangkan jawaban yang diharapkan. Untuk mencapai ranking yang dapat dikatakan “tinggi” ini, dapatkan 3.000 poin dan 15 jawaban terbaik dalam 1 bulan.

9. Jenius (15.000 poin, 50 jawaban terbaik dalam 1 bulan)
        “Yes, you’ve pretty much reached Genius status when you’ve been answering and helping your Brainly peers for a long time. You know your way around Brainly like the back of your hand and others trust you for your insightful solutions to their questions. You truly are the best of the best, an exemplary user and have reached the pinnacle of your Brainly career.”
          Ranking paling tinggi di Brainly, seorang JENIUS, user dengan ranking yang sangat membanggakan dan amazing. Mereka bagaikan “artis” di dunia Brainly. Jawaban mereka tak perlu kalian ragukan lagi. Mereka adalah anggota Brainly terbaik dari yang terbaik. Jawaban mereka sangat ditunggu-tunggu oleh user Brainly, dan berdasarkan pengamatan, user dengan ranking jenius mudah mendapatkan jawaban terbaik. Untuk mendapatkan ranking prestigious ini, dapatkan 15.000 poin (WOW!) dan 50 jawaban terbaik dalam 1 bulan.

Moderator dan Gelarnya
          Moderator adalah user yang diberi hak untuk melakukan perbaikan, verifikasi, dan menghapus jawaban user lain (sebutannya moderasi), serta memberi peringatan (warning) kepada mereka yang melakukan kesalahan fatal (spam, berkata kasar, dan sebagainya). Selain itu, berdasarkan gelar yang mereka punya, mereka akan diberi hak lebih untuk menyegel akun user lain  dan masih banyak otoritas yang dimiliki lainnya. 

      Syarat untuk menjadi seorang moderator adalah

  • Minimal berada di tingkat SMP saat mengajukan diri.
  • Minimal berada pada ranking “SI HEBAT”.
  • Memiliki keahlian khusus pada mapel tertentu.
  • Jumlah peringatan pada akun harus 0 (nol). Akun yang telah mendapatkan peringatan dari moderator tidak dapat mendaftar sebagai moderator, kecuali peringatan itu dihapus/dicabut (biasanya dalam waktu 2 minggu).

         Jika sobat Brainly sudah memenuhi kriteria di atas dan berkeinginan untuk menjadi moderator, hubungi Mahapatih Zuhh di link berikut: http://brainly.co.id/profil/Zuhh-1183068. Sobat Brainly juga perlu mengisi formulir pendaftaran moderator di sini.

           Jika kalian memperhatikan profil saya pada gambar paling atas, kalian akan melihat bahwa akun itu memiliki beberapa gelar khusus di atas tulisan “Jenius”. Itu adalah gelar khusus untuk seorang moderator. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai gelar yang bisa didapat moderator, yang selanjutnya dikenal sebagai ranking fungsional.

  • Spam Fighter
             Diberikan kepada user yang aktif melaporkan pertanyaan atau jawaban yang dianggap melanggar aturan (jawaban salah, spam, tidak lengkap, copas, dan sebagainya). Jumlah laporan yang diterima (selected overuse) kurang lebih sekitar 100. 
  • Apprentice
               DIberikan kepada seorang moderator magang. Mereka belum sepenuhnya menjadi keluarga besar Moderator Brainly. Bagi kalian yang mendaftar menjadi seorang moderator, Apprentice adalah gelar pertama yang kalian dapatkan. Kalian akan diberi seorang mentor yang akan mengajari dan memberi “pencerahan” mengenai tindak moderasi. Pada tingkat ini, kalian dapat mengoreksi jawaban, menghapus jawaban/pertanyaan/komentar, termasuk juga memberi peringatan kepada user lain yang dianggap melakukan pelanggaran berat.
  • Brainly Teacher
               Moderator yang tidak lagi menginjak usia sekolah serta ahli dalam mapel tertentu akan mendapatkan gelar ini. Sobat Brainly yang baru mendaftar dan telah diterima sebagai moderator magang dengan ranking Apprentice dapat langsung meraih gelar ini jika memenuhi syarat yang telah disebutkan itu. 
  • Anti Spammer
                 Untuk menjadi moderator tetap dengan gelar Anti Spammer, kalian setidaknya harus memoderasi 2.000 konten setiap bulannya dengan kualitas baik dan mendapat rekomendasi dari rekan-rekan moderator tetap lainnya.
  • Mentor
                 Gelar khusus untuk moderator tetap yang dipercaya untuk membimbing moderator magang. Seorang mentor biasanya membimbing 5 – 10 moderator magang. Dalam hal ini, membimbing merujuk pada mengajari bagaimana cara memoderasi pertanyaan atau jawaban serta memperkenalkan aturan umum dan khusus dalam tindak moderasi.
  • Gamemaker
                    Gelar ini diperuntukkan bagi moderator yang mendedikasikan dirinya sebagai seorang pembuat kuis untuk mapel tertentu. Untuk mendapatkan gelar ini, beri laporan kepada Mahapatih atau Asistennya. Selain itu, sobat Brainly juga perlu menyiapkan arsip soal kuis yang akan diselenggarakan dalam periode tertentu.
  • Supervisor
    Gelar bagi moderator tetap yang telah memimpin masa kepatihan moderator magang selama 5 kali atau lebih.
  • Bhre
  • Brainly Superheroes
  • Recruiter
                 Gelar ini hanya diperuntukkan untuk moderator yang bergabung dalam tim perekrutan dan penyeleksian calon moderator Brainly.
  • Junior
                   Gelar ini diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada sobat Brainly yang telah berkecimpung cukup lama dan terus aktif di Brainly. Kalian diharapkan memoderasi 4.000 konten setiap bulannya dengan kualitas baik untuk mendapatkan gelar ini. Selain itu, gelar ini mulai bisa didapat oleh seorang moderator tetap dalam periode 3 bulan.
  • Pra-Senior
                   Ketika sobat Brainly memegang gelar Junior dan memoderasi 5.000 konten setiap bulannya berturut-turut dalam kurun waktu 3 bulan, serta aktif di Brainly selama kurang lebih 6 bulan, maka sobat akan diberikan gelar Pra-Senior! Tentunya fitur moderasi juga semakin banyak.
  • Senior
                   Diberikan hanya kepada moderator tetap yang aktif di Brainly selama 1,5 tahun atau lebih. Pertimbangan yang lain adalah pernah menjadi bagian besar kepengurusan Brainly, misalnya menjadi seorang Mahapatih atau Asisten Mahapatih.
  • Guru
                 Gelar khusus diberikan kepada moderator tetap yang tidak lagi menginjak usia sekolah dan memiliki keahlian dalam mapel tertentu atau mendapat rekomendasi khusus dari Mahapatih. 
  • Best Active
                Gelar bulanan ini diberikan kepada  moderator (baik moderator magang maupun moderator tetap) yang telah memoderasi minimal 2.000 konten setiap bulannya.
  • Administrator
                 Gelar untuk akun yang secara khusus dijadikan sebagai pengendali/pengatur sistem internal Brainly
  • Brainly Advisor
                 Gelar untuk user yang telah berkontribusi amat besar dalam Brainly, misalnya pernah menjadi Mahapatih atau Asisten Mahapatih.
  • Mahapatih
                 Mahapatih adalah gelar paling tinggi di komunitas Brainly dan pemegangnya hanya satu user. Ia adalah pemimpin seluruh moderator Brainly dan memiliki otoritas paling besar dalam melakukan tindakan. Saat ini, posisi Mahapatih dijabat oleh Zuhh.

             Sedangkan berikut ini adalah gelar umum yang bisa didapat oleh user yang melibatkan jumlah jawaban terbaik (atau jumlah jawaban yang diberikan)

  • Brainly Elite
    Mendapatkan 50 jawaban terbaik dalam jangka waktu 1 bulan.
  • Ksatria Brainly
    Memiliki akumulasi 250 jawaban terbaik.
  • Brainly Legend
    Memiliki akumulasi 750 jawaban terbaik.
  • Brainly Doctor
    Memiliki akumulasi 1.000 jawaban terbaik.
  • Brainly Professor
    Memiliki akumulasi 2.500 jawaban terbaik,.
  • Best Mapel
                    Gelar ini didapat dengan menjawab pertanyaan paling banyak pada mapel tertentu dalam rentang waktu 1 bulan. Gelarnya dibedakan berdasarkan setiap mapel yang ada, yaitu nama tokoh yang berperan besar dalam mapel terkait, misalnya user A menjawab pertanyaan mapel matematika paling banyak dalam waktu 1 bulan, maka pada saat pengumuman, ia akan mendapatkan gelar George Boole (matematikawan/edukator/filsuf dari Inggris), atau user B menjawab pertanyaan mapel PKn paling banyak dalam waktu 1 bulan, ia akan mendapatkan gelar Sayuti MelikTetapi nama tokoh/gelar yang diberikan untuk setiap mapel bisa jadi berbeda-beda setiap bulannya. Sobat Brainly juga akan diberikan sertifikat best mapel yang dikirim secara online, loh.
    NB: Tidak ada pembatasan gelar yang bisa dipegang oleh user (tapi, sepengetahuan saya, gelar yang paling banyak dipegang user adalah 10 buah gelar)
Ayo Beri Rating Postingan Ini

30 Balasan untuk “Brainly, Situs dan Aplikasi sebagai Wadah Belajar Bersama!”

  1. Blog nya keren kak ^_^
    Brainly memang seru..
    Kita bisa mengenal banyak teman baru, menolong orang lain, tertantang dengan hal-hal baru, dan masih banyak lagi..
    Banyak deh pokoknya ^_^

    Rate
  2. Wah* anak-anak brainly juga kece* kan?
    Mantan* anak brainly juga kece
    Saling membantu dan pastinya jadi anak yg berkarakter dah
    Salut deh sama Brainly ^_^
    Nyaman juga dibrainly hihi

    Rate
  3. Hai Opaaa. Blognya keren ✨aku masuk di-ss pulak :v btw, best active itu buat semua moderator yang kuantitas moderasi per bulannya 2000 dan best week udah nggak ada.

    Rate
  4. Semoga Brainly kedepannya semakin maju dan semakin bermanfaat bagi setiap pelajar dalam hal memperluas pengetahuan 🙂

    Rate
  5. Ternyata ini blog sang master.
    Ulasan tentang brainly yang sangat lengkap dan bermanfaat bagi user baru maupun apprentince 🙂

    Rate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *