Kuis Matematika (Berhadiah)

       Blog mathcyber1997.com menyelenggarakan kuis matematika sederhana yang dapat dijawab oleh setiap pengunjung yang mampir di postingan ini. Temen-temen bisa menjawab soal-soal yang tersedia dalam durasi tertentu dan berkesempatan mendapatkan hadiah yang dicantumkan (uang, pulsa, dan buku). Soal akan di-update setiap waktu. Tujuan kuis ini apa? Sebenarnya, hadiahnya tidak seberapa, tetapi kuis ini dibuat agar temen-temen antusias untuk menjadi seorang problem solver dalam matematika.

      Cara menjawabnya, bagaimana? Gampang, kok. Temen-temen bisa menjawab dengan cara menuliskan jawabannya di atas kertas, difoto, lalu dikirimkan ke email: shanedizzy6@gmail.com dengan subjek: Quiz Math Mathcyber, lalu diikuti dengan kode soal. CONTOH: Quiz Math Mathcyber 15-12-2019-1. Risiko ditulis ya temen-temen mungkin tahu, kadang ada tulisan yang sulit dibaca atau terlalu banyak coretan sehingga memengaruhi penilaian. Selain ditulis, temen-temen juga bisa mengetikkan jawabannya dan dikirim filenya dalam format PDF ke email tersebut dengan subjek yang sama.

         Untuk soal yang berhadiah uang, sertakan nomor rekening bank beserta nama pemilik rekening untuk selanjutnya dapat ditransfer. Tenang, admin blog mathcyber1997.com menjamin keamanan transaksi atas nomor rekening tersebut. Jika temen-temen ingin menggunakan jasa transfer melalui Virtual Account (misalnya dikirim ke Akun GoPay atau OVO), kirimkan nomor virtual account-nya tersebut. Bila hadiah berupa pulsa, kirimkan nomor HP. Bila hadiah berupa buku, kirimkan alamat rumah yang lengkap (disertai dengan kode pos). Menjawab di luar tanggal durasi akan didiskualifikasi dan tidak akan mendapat hadiah. Hadiah akan diberikan setelah masa menjawab soal sudah dilewati. Satu lagi, jika pada suatu soal telah diberi keterangan EXPIRED dan hadiah ditandai OK, artinya masa menjawab sudah usai dan hadiah sudah diberikan.

Apa saja kriteria penilaiannya? Simak di bawah beserta bobotnya.

  1. Penggunaan konsep matematika yang sesuai disertai penjelasan yang logis dan sistematis (60%).
  2. Waktu pengiriman jawaban (20%). Semakin cepat dikirim, bobotnya semakin besar. Pengirim pertama mendapatkan bobot nilai 20%, pengirim kedua 19%, pengirim ketiga 18%, dan seterusnya sampai pengirim ke-20 (dan seterusnya) tidak mendapat bobot poin untuk waktu pengiriman jawaban.
  3. Memberikan kesimpulan pada bagian akhir jawaban yang diberikan (10%).
    Sebagai ilustrasi, jika soal menanyakan luas lingkaran, maka kesimpulan yang dapat diberikan adalah: Jadi, luas lingkaran tersebut adalah $100~\text{cm}^2$. Kesimpulan yang salah dikarenakan penggunaan konsep matematika yang tidak tepat tetap diberikan poin, meskipun tidak sempurna.
  4. Kerapian penulisan (10%).

Quiz Mathcyber: 7-4-2020-4 (EXPIRED – OK)

Seorang matematikawan diberi soal dengan 4 pilihan ganda berikut dan hanya $1$ pilihan yang benar.
A. $30$
B. $40$
C. $50$
D. Jawaban lain
Ia diberikan petunjuk bahwa jawaban dari soal tersebut adalah bilangan bulat dari $1$ sampai $100$. Jika matematikawan tersebut menjawab secara bebas (acak) dengan memilih salah satu dari $100$ bilangan bulat tersebut dan menjawab sesuai dengan pilihan ganda yang tersedia, maka peluang ia menjawab soal dengan benar adalah $\cdots \cdot$

7 Balasan untuk “Kuis Matematika (Berhadiah)”

Tinggalkan Balasan

Silakan beri tanggapan dan saran, tidak perlu sungkan. Mohon juga diinformasikan melalui kolom komentar ini bila ada kesalahan pengetikan sekecil apapun (typo atau bahasa latex yang error) atau kesalahan konsep dan pembahasan soal. Terima kasih. Ganbatte!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *