Soal UTS Keterampilan Dasar Mengajar Matematika oleh Dr. Sugiatno

Berikut ini adalah soal UTS Keterampilan Dasar Mengajar Matematika (KDM Matematika) yang diujikan secara take home dalam rentang waktu 28 Oktober 2017 – 31 Oktober 2017. Soal ini dibuat oleh Dr. Sugiatno (FKIP Untan).

Soal Nomor 1
Sebagaimana kita ketahui bahwa materi pecahan di sekolah (terutama SD) merupakan salah satu bagian dari pelajaran matematika yang paling sulit dijangkau oleh pikiran siswa. Oleh karena itu, coba Anda rancang suatu skenario (berisi dialog guru dan siswa) untuk mengatasi kesulitan tersebut, dengan menggunakan keterampilan-keterampilan: membuka pelajaran, bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, dan menutup pelajaran ke dalam tiga bagian pembelajaran matematika: (a) pembuka, (b) inti, (c) penutup.

Soal Nomor 2
Gunakan perintah yang sama dengan soal nomor 1 tetapi untuk materi tingkat SMP atau SMA (termasuk SMK). Setiap mahasiswa harus berbeda materinya untuk mengerjakan soal ini. Untuk menjamin perbedaan, disarankan ketua kelas mengoordinir pembagian materi anggota kelasnya.

—Tidak menyediakan jawaban—
Ini merupakan soal open-ended. Anda diberi kesempatan untuk mengembangkan ide dan gagasan Anda untuk menjawab soal ini, dan ada baiknya bila dikerjakan secara murni dan mandiri.

Ayo Beri Rating Postingan Ini

Satu Balasan untuk “Soal UTS Keterampilan Dasar Mengajar Matematika oleh Dr. Sugiatno”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *