Trik Matematika: Menebak Tanggal Lahir dan Bulan Lahir

      Kali ini kita akan membahas trik matematika yang digunakan untuk menebak tanggal dan bulan lahir seseorang tanpa ia menyebutkannya. Trik ini melibatkan perhitungan bilangan sehingga mungkin perlu disiapkan alat tulis (kertas dan pena). Cuzz, kita beraksi!
Sekarang, misalnya kita ingin melakukan tebak-tebakan dengan teman kita. Kita sebut namanya A (pemisalan saja, ya). Misalkan A lahir pada tanggal 18 Juli. Tanpa A menyebutkannya, kita bisa tahu tanggal dan bulan lahirnya itu. Penasaran caranya bagaimana? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1:
Mintalah A untuk menuliskan bulan lahirnya dalam bentuk bilangan.

Contoh: A akan menuliskan bilangan $7$ karena Juli merupakan bulan ke-$7$.
Langkah 2:
Mintalah A untuk mengalikannya dengan $2$ dan tulis hasilnya.
Contoh: A akan menuliskan bilangan $14$ karena $7 \times 2 = 14$.
Langkah 3:
Mintalah A untuk menambahkannya dengan $5$ dan tulis hasilnya.

Contoh: A akan menuliskan bilangan $19$ karena $14 + 5 = 19$.
Langkah 4:
Selanjutnya, mintalah A untuk mengalikannya dengan $50$, lalu tulis hasilnya.
Contoh: A akan menuliskan bilangan $950$ karena $19 \times 50 = 950$.
Langkah 5:
Terakhir, mintalah A untuk menambahkan hasil itu dengan tanggal lahirnya.

Contoh: A akan menuliskan bilangan $968$ karena $950 + 18 = 968$. Ingat ya, tanggal lahir A adalah $18$.
Langkah 6:
Suruh A untuk menyebutkan hasil terakhir perhitungannya. Ia seharusnya menyebutkan bilangan “$968$”. Setelah itu, secara diam-diam kurangkan $968$ dengan $250$, sehingga diperoleh $718$. Jika kamu bisa menghitungnya dengan cepat di luar kepala, kamu akan lebih terkesan menakjubkan!

Apakah kalian sadar bilangan “$718$” ternyata menunjukkan bulan dan tanggal lahirnya? Jadi, kita sudah mengetahui tanggal dan bulan lahirnya itu! WOW.

Mungkin ada yang bertanya bagaimana trik ini bisa dipakai? Sebenarnya, trik ini merupakan hasil kreativitas dari orang-orang yang memanfaatkan materi aljabar dan teori bilangan, loh.
Udah pada belajar belum materi itu? 😀
Coba simak baik-baik penjelasannya berikut ini.

Misalkan bulan lahir (dalam angka) = $a$ dan tanggal lahirnya $b$. Berdasarkan langkah yang telah dicontohkan di atas, diperoleh
$\begin{aligned} & (a \times 2 + 5) \times 50 + b – 250 \\ = & (2a + 5) \times 50 + b – 250 \\ = & 100a + 250 + b – 250 \\ = & \boxed{100a + b} \end{aligned}$
Dari bentuk terakhir, kita dapat menyimpulkan bahwa digit pada posisi ratusan (dan ribuan) menunjukkan bulan lahir, sedangkan dua digit pada posisi puluhan dan ratusan menunjukkan tanggal lahir. Seperti kasus tadi, $718 = 700 + 18 = 100 \times 7 + 18$.

Nah, bagaimana? Ternyata matematika itu bisa dibuat lebih menarik berkat pemikiran yang kreatif seperti ini. Mungkin banyak sekali trik matematika yang belum ditemukan sampai sekarang. Kalian yang membaca postingan ini semuanya adalah matematikawan. Kalian punya kesempatan untuk menemukan sesuatu yang baru dalam matematika. Jika kalian berhasil menemukannya, kalian telah berkontribusi dalam matematika. Dengan kata lain, kalian telah menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan.

Today Quote

Pure mathematics is in its own way, the poetry of logical ideas.

Leave a Reply

Silakan beri tanggapan dan saran, tidak perlu sungkan. Mohon juga diinformasikan melalui kolom komentar ini bila ada kesalahan pengetikan sekecil apapun (typo atau bahasa latex yang error) atau kesalahan konsep dan pembahasan soal. Terima kasih. Ganbatte!

Your email address will not be published. Required fields are marked *