Soal dan Pembahasan – Kuis Kihajar STEM 2020 Tahap Final Tingkat SMA/MA

Berikut ini merupakan soal STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) tahap FINAL Tingkat SMA/MA yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Kihajar (Kita Harus Belajar) STEM 2020 dan diujikan pada tanggal 4 Oktober 2020. Peserta menjawab 20 butir soal pilihan ganda (A sampai E) yang ditampilkan dengan menggunakan platform Quizizz dalam waktu 90 menit.

Untuk soal dan pembahasan Kuis Kihajar STEM 2020 Tingkat BASIC, INTERMEDIATE, dan ADVANCE, dapat dilihat pada tautan berikut.

Baca Juga: Soal dan Pembahasan – Kuis Kihajar STEM 2020 Tahap Basic Tingkat SMA/MA

Baca Juga: Soal dan Pembahasan – Kuis Kihajar STEM 2020 Tahap Intermediate Tingkat SMA/MA

Baca Juga: Soal dan Pembahasan – Kuis Kihajar STEM 2020 Tahap Advance Tingkat SMA/MA

Today Quote

Don’t limit your challenges. Instead challenge your limit this year.

Catatan: Gambar yang keterangannya diberi tanda * dalam narasi adalah bentuk inisiatif penulis, hanya berfungsi untuk menerangkan, tidak menambah informasi apapun untuk menjawab soal yang ada.

Narasi berikut untuk soal nomor 1 – 4.
Ibu Nisa adalah seorang pengusaha laundry dan telah memiliki 2 mesin cuci berkapasitas masing-masing 5 kg dan 1 mesin cuci berkapasitas 7 kg. Setiap mesin cuci tidak boleh digunakan lebih dari 8 kali per hari. Mesin pengering pakaian bekerja dengan sumber energi listrik dan siklus kompresi uap. Energi listrik digunakan untuk menggerakkan kipas angin dan kompresor dari mesin kompresi uap yang berfungsi untuk mengalirkan udara yang digunakan dalam proses pengeringan pakaian. Prinsip kerja dari mesin pengering pakaian, yaitu mengambil air dari pakaian basah, lalu mengeluarkan air dari ruang pengering pakaian. Kemudian, dialirkan dan digunakan kembali untuk disalurkan ke mesin siklus kompresi uap.

Skematik mesin pengering baju sistem tertutup. Tampak depan: a) Ruang mesin siklus kompresi uap; b) ruang pengering baju; c) kipas angin yang menyirkulasikan kembali udara dari ruang pengering ke ruang mesin siklus kompresi uap

Soal Nomor 1
Pada mesin pengering, udara dapat mengambil air pada pakaian basah, tentunya dengan mempertimbangkan kadar air dalam udara. Berikut ini kondisi kelembaban udara yang mendukung kecepatan pengeringan pakaian adalah $\cdots \cdot$

  1. kelembaban udara tinggi karena kandungan air yang ada di dalam udara sedikit sehingga udara mampu menyerap dan membawa air dari pakaian basah.
  2. kelembaban udara tinggi karena kandungan air yang ada di dalam udara banyak sehingga mengakibatkan gaya tarik antara molekul air (kohesi) meningkat dan menyebabkan pakaian cepat mengering.
  3. kelembaban udara tinggi karena kandungan air yang ada di dalam udara banyak sehingga mengakibatkan gaya tarik antara molekul air (adhesi) meningkat dan menyebabkan pakaian cepat mengering.
  4. kelembaban udara rendah karena kandungan air yang ada di dalam udara sedikit sehingga udara mampu menyerap dan membawa air dari pakaian basah. 
  5. kelembaban udara rendah karena kandungan air yang ada di dalam udara banyak sehingga mengakibatkan gaya tarik antara molekul air (adhesi) meningkat dan menyebabkan pakaian cepat mengering.

Soal Nomor 2
Pelanggan laundry Ibu Nisa memberitahukan bahwa akan mengunjungi pameran seni aliran surealis sehingga perlu mengenakan baju yang sesuai dengan pameran tersebut. Baju manakah yang akan diambil oleh pelanggan Ibu Nisa untuk menghadiri pameran?

A. a)                              D. a) dan b)
B. b)                              E. b) dan c)
C. c)

Soal Nomor 3
Pada suatu hari, banyak cucian ternyata melebihi kapasitas maksimal sehingga Ibu Nisa harus membeli 1 mesin cuci baru. Jika Ibu Nisa membeli mesin cuci berkapasitas $5$ kg, maka setelah digunakan $x$ kali akan tersisa $3$ kg pakaian belum tercuci. Jika Ibu Nisa membeli mesin cuci berkapasitas $6$ kg, maka setelah digunakan $y$ kali akan tersisa $2$ kg pakaian belum tercuci. Jika Ibu Nisa membeli mesin cuci berkapasitas $7$ kg, maka setelah digunakan $z$ kali akan tersisa $3$ kg pakaian belum tercuci. Jumlah cucian laundry Ibu Nisa paling sedikit di hari tersebut adalah $\cdots$ kg.
A. $38$                   C. $80$                 E. $208$
B. $68$                  D. $174$

Pembahasan

Tiga mesin cuci mula-mula seharusnya dimaksimalkan kerjanya. Artinya, digunakan tepat $8$ kali. Setiap kali penggunaan, ketiga mesin cuci memiliki kapasitas total = $5+5+7 = 17$ kg sehingga jika digunakan tepat $8$ kali, maka akan ada $8 \times 17 = 136$ kg pakaian tercuci.
Selanjutnya, 1 mesin cuci dibeli. Misalkan $k$ menyatakan jumlah cucian yang diselesaikan oleh mesin cuci ini, maka berdasarkan informasi pada soal, diperoleh sistem persamaan linear
$$\begin{cases} 5x + 3 & = k && (\cdots 1) \\ 6y + 2 & = k && (\cdots 2) \\ 7z + 3 & = k && (\cdots 3) \end{cases}$$Penyelesaian sistem di atas sangat banyak dan akan “lebih cepat” bila diselesaikan dengan menebak nilai $k$ yang memenuhi ketiga persamaan dengan $x, y, z$ bulat.
Selain menebak, bisa juga menggunakan Teorema Sisa Cina sebagai berikut.
Tuliskan dalam bentuk sistem kongruensi.
$$\begin{cases} k & \equiv 3~(\text{mod}~5) \\ k & \equiv 2~(\text{mod}~6) \\ k & \equiv 3~(\text{mod}~7) \end{cases}$$Perhatikan bahwa $\{5, 6, 7\}$ adalah bilangan-bilangan yang saling relatif prima (memiliki FPB 1) sehingga sistem tersebut memiliki solusi.
Untuk $M = 5 \times 6 \times 7 = 210$, diperoleh
$$\begin{aligned} M_1 & = \dfrac{210}{5} = 42 \\ M_2 & = \dfrac{210}{6} = 35 \\ M_3 & = \dfrac{210}{7} = 30 \end{aligned}$$Dengan demikian, diperoleh
$$\begin{aligned} \ell & \equiv 42^{-1}~(\text{mod}~5) \equiv 3~(\text{mod}~5) \\ \ell & \equiv 35^{-1}~(\text{mod}~6) \equiv 5~(\text{mod}~6) \\ \ell & \equiv 30^{-1}~(\text{mod}~7) \equiv 4~(\text{mod}~7) \end{aligned}$$Berdasarkan Teorema Sisa Cina, sekarang kita dapatkan solusi
$$\begin{aligned} x & \equiv (3 \cdot 42 \cdot 3 + 2 \cdot 35 \cdot 5 + 3 \cdot 30 \cdot 4)~(\text{mod}~210) \\ & \equiv (378 + 350 + 360)~(\text{mod}~210) \\ & \equiv 1088~(\text{mod}~210) \\ & \equiv 38~(\text{mod}~210) \end{aligned}$$Jadi, diperoleh nilai terkecil $k$ yang memenuhi adalah $38.$ Nilai $k$ di sini mewakili jumlah cucian yang dikerjakan mesin cuci keempat dalam satuan kg. Secara keseluruhan, jumlah cucian total laundry Bu Nisa paling sedikit pada hari itu adalah $\boxed{136 + 38 = 174~\text{kg}}$
(Jawaban D)

[collapse]

Soal Nomor 4
Jika putaran baju pada mesin pengering membentuk pola gerak harmonik dengan persamaan simpangan $y = 200 \sin (6t)^\circ$ dengan $y$ dalam $\text{cm}$ dan $t$ dalam $\text{s}$, maka kecepatan gerakan baju saat $t = 5~\text{s}$ adalah $\cdots~\text{m/s}$.
A. $2$                  C. $6\sqrt3$                E. $500\sqrt3$
B. $5$                 D. $50\sqrt3$

Pembahasan

Diketahui $y = 200 \sin (6t)^\circ.$
Fungsi kecepatan didapat dengan menurunkan $y$ terhadap $t.$
$$\begin{aligned} v & = \dfrac{\text{d}y}{\text{d}t} \\ & = \dfrac{\text{d}}{\text{d}t} (200 \sin (6t)^\circ) \\ & = 200 \cdot 6 \cos (6t)^\circ \\ & = 1.200 \cos (6t)^\circ \end{aligned}$$Untuk $t = 5~\text{s}$, diperoleh
$$\begin{aligned} v_{t = 5} & = 1.200 \cos (6(5))^\circ \\ & = 1.200 \cos 30^\circ \\ & = 1.200 \cdot \dfrac12\sqrt3 \\ & = 600\sqrt3~\text{cm/s} \\ & = 6\sqrt3~\text{m/s} \end{aligned}$$Jadi, kecepatan gerakan baju saat $t = 5~\text{s}$ adalah $\boxed{6\sqrt3~\text{m/s}}$
(Jawaban C)

[collapse]

Narasi berikut untuk soal nomor 5 – 6.
Sintesis protein adalah proses pembentukan protein di dalam tubuh yang dilakukan oleh RNA atas perintah atau kode dari DNA. Proses sintesis protein terdiri dari dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi. Transkripsi berlangsung di dalam inti sel, sedangkan translasi berlangsung di sitoplasma dan ribosom. Sebuah rantai mRNA memiliki panjang 366 bp. Urutan asam amino yang dibentuk setiap kelipatan ke-11 dari rantai mRNA seperti yang tampak pada skema di bawah.
$$\begin{array}{cccccc} 5’~\text{GCA} & \text{UAU} & \text{CGC} & \text{AAA} & \text{GGA} & \text{CCU}~3’ \\ \text{Alanin} & \text{Tirosin} & \text{Arginin} & \text{Lisin} & \text{Glisin} & \text{Prolin} \\ \end{array}$$Soal Nomor 5

Berdasarkan rantai mRNA pada narasi, urutan rantai DNA anti-sense yang benar adalah $\cdots \cdot$
A. 5′ GCA TAT CGC AAA GGA CCU 3′ 
B. 5′ CGT ATA GCG TTT CCT GGA 3′
C. 3′ GCA TAT CGC AAA GGA CCU 5′
D. 3′ GCU AUA GCG UUU CCU GGA 5′
E. 3′ CGT ATA GCG TTT CCT GGA 5′

Soal Nomor 6
Berapa banyak kombinasi yang mungkin dari kodon tersebut?
A. $122^{64}$                        D. $3 \times 61^{120}$
B. $64^{122}$                        E. $\textbf{3} \times 61^{54}$
C. $3 \times 61^{122}$

Narasi berikut untuk soal nomor 7 – 13.
Chandra dan Wayan adalah atlet renang asal Indonesia. Pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Chandra berhasil mendapatkan empat medali emas dan memecahkan dua rekor SEA Games di nomor gaya punggung. Agar gelarnya dapat terus dipertahankan, Chandra harus terus melakukan latihan di stadion akuatik Jakarta. Papan peloncat yang sering Chandra gunakan untuk latihan memiliki ketinggian $10$ m dari permukaan air. Setiap melakukan latihan, Chandra memiliki pola yang sama, yaitu melompat dengan kecepatan $v$. Chandra berenang dengan kecepatan konstan setelah mencapai air hingga dasar kolam. Cara berenang seperti itu adalah kunci Chandra dapat menang tanpa cedera ketika mengikuti kejuaraan.

Soal Nomor 7
Kecepatan Chandra dari mulai mencapai air hingga ke dasar kolam apabila percepatan gravitasinya diasumsikan $10~\text{m} \cdot \text{s}^{-2}$ adalah $\cdots~\text{m} \cdot \text{s}^{-1}$.

A. $10$                                      D. $20\sqrt3$
B. $\bf{10\sqrt2}$                            E. $20\sqrt5$
C. $10\sqrt3$

Soal Nomor 8
Chandra dan Wayan selalu melakukan pemanasan dengan cara berenang bolak-balik secara konstan selama $15$ menit dari arah yang saling berlawanan. Panjang lintasan Chandra berenang adalah $1,75t$ meter dengan $t$ dalam detik. Jika lima kali kecepatan Chandra berenang sama dengan tujuh kali kecepatan Wayan berenang, maka berapa kali Chandra dan Wayan berpapasan?

A. $22$                      C. $24$                   E. $26$
B. $\bf{23}$                    D. $25$

Soal Nomor 9
Jika setiap ukuran kolam renang ditambah $1$ m, maka volume kolam bertambah $300~\text{m}^3$. Jika setiap ukuran kolam renang dikurang $1$ m, maka volume kolam berkurang $144~\text{m}^3$. Jika jumlah dari setiap ukuran yang dipangkatkan 3 adalah $426.618~\text{m}^3$, maka volume kolam renang tersebut adalah $\cdots~\text{m}^3$.
A. $845,78$                       D. $2.503$
B. $1.200$                          E. $2.537,33$
C. $\bf{1.260}$ 

Soal Nomor 10
Chandra mengeringkan badannya dengan handuk setelah berenang. Handuk yang awalnya kering menjadi basah. Ia pun ingin mengeringkan kembali handuk tersebut. Chandra melakukan sebuah eksperimen untuk mempelajari pengaruh temperatur pada rata-rata evaporasi air dari handuk yang basah. Manakah grafik yang tepat yang merepresentasikan eksperimen tersebut?

Soal Nomor 11
Pada acara pembukaan KIHAJAR Olympiad cabang renang gaya punggung, kolam renang ditutupi oleh baliho tembus pandang bertuliskan “Water is Our World” dengan tebal $3$ cm. Kemudian, seberkas sinar laser diarahkan dari udara ke kolam renang dengan sudut datang tertentu. Sinar laser menembus baliho dan dibiaskan oleh air dengan sudut $45^\circ$. Jika panjang lintasan sinar laser di dalam baliho $5$ cm, maka indeks bias baliho tersebut adalah $\cdots \cdot$ $\left(n_{\text{air}} = \dfrac43; n_{\text{udara}} = 1\right)$
A. $\dfrac37$                        D. $\bf{\dfrac56\sqrt2}$ 

B. $\dfrac32$                        E. $\dfrac56\sqrt5$
C. $\dfrac32\sqrt3$
Soal Nomor 12
Tabel yang tertera menunjukkan volume darah yang dipompa dan jumlah detak jantung siswa saat istirahat dan selama olahraga renang.

Berdasarkan data pada tabel, kesimpulan apa yang dapat kita ambil tentang pengaruh latihan pada siswa tersebut?

  1. Siswa yang tidak terlatih dapat membangun detak jantung yang lebih kuat dan lebih berotot sehingga memungkinkan untuk memompa darah lebih banyak keluar dari jantung pada setiap detak jantung. Jantung lebih efisien menyuplai darah ke seluruh tubuh.
  2. Siswa yang terlatih dapat membangun detak jantung yang lebih kuat dan lebih berotot sehingga memungkinkan untuk memompa darah lebih banyak keluar dari jantung pada setiap detak jantung. Jantung lebih efisien menyuplai darah ke seluruh tubuh. 
  3. Saat berenang, jumlah detak jantung yang lebih rendah dapat memompa lebih banyak darah sehingga jantung lebih efisien menyuplai darah ke seluruh tubuh.
  4. Saat istirahat, jumlah detak jantung yang lebih rendah dapat memompa lebih banyak darah sehingga jantung lebih efisien menyuplai darah ke seluruh tubuh.
  5. Saat istirahat maupun berenang, jumlah detak jantung yang lebih banyak dapat memompa lebih banyak darah sehingga jantung lebih efisien menyuplai darah ke seluruh tubuh.

Soal Nomor 13
Saat berada di dalam air, cahaya mengalami perbedaan sehingga apa yang dilihat saat di darat bisa terdistorsi saat di air. Objek dapat tampak lebih besar dan lebih dekat dibandingkan dengan keadaan aslinya. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada koordinasi gerakan tangan dan mata, padahal bagi atlet renang seperti Chandra, penting untuk mengetahui sejauh mana dia telah bergerak dan sedekat apa dengan garis finish. Untuk membuat penglihatan jauh lebih fokus dan presisi, Chandra perlu menggunakan kacamata renang minus baik itu ketika latihan maupun ketika sedang mengikuti kejuaraan. Mata kiri Chandra minus 3,5 dan kanan minus 2,5, sedangkan ukuran minus tersebut belum terdapat di pasar (di pasaran terdapat kacamata minus 2 dan minus 3). Sementara itu, Chandra tidak sempat memesan ukuran kacamata yang tepat karena pertandingannya akan dilaksanakan besok. Tindakan paling tepat yang perlu dilakukan Chandra adalah $\cdots \cdot$

  1. memilih kacamata dengan minus 3 karena memiliki selisih minus terkecil dengan minus mata kiri dan minus mata kanan sehingga dapat membantu penglihatan dan tidak menimbulkan efek pusing kepada pengguna
  2. memilih kacamata dengan minus 3 karena minusnya mendekati minus mata kiri dan minus mata kanan sehingga dapat membantu penglihatan dan hanya sedikit menimbulkan efek pusing kepada pengguna
  3. memilih kacamata dengan minus 3 karena minusnya mendekati minus mata kiri dan minus mata kanan sehingga dapat membantu penglihatan dan tidak menimbulkan efek pusing kepada pengguna
  4. memilih kacamata dengan minus 2 karena minus terkecil sehingga dapat membantu penglihatan dan tidak menimbulkan efek pusing kepada pengguna
  5. memilih kacamata dengan minus 2 karena minus terkecil sehingga dapat membantu penglihatan dan hanya sedikit menimbulkan efek pusing kepada pengguna 


Narasi berikut untuk soal nomor 14 – 16.

(1) Belalang merupakan hewan yang sudah ada sejak lama dan termasuk ke dalam kelompok serangga, yaitu kelas insekta. (2) Belalang sudah sangat terkenal dalam sejarah kuno sebagai makanan manusia dan penghancur tanaman pertanian sehingga banyak orang yang menangkap belalang. (3) Penangkapan hama belalang ini sudah menjadi tradisi turun temurun di Desa Cikalong. (4) Pada bulan Agustus 2018 diadakan Festival Nampaling, yaitu festival menangkap belalang. (5) Festival ini diikuti oleh berbagai kalangan, dari anak-anak, kalangan muda, dan orang tua. (6) Semua orang terlihat ceria, gembira, dan penuh semangat. (7) Hasil tangkapan tersebut dimasukkan ke dalam toler, yaitu anyaman bambu berbentuk tabung. (8) Setiap toler diisi belalang dengan jumlah yang sama. (9) Setelah dihitung, banyak toler hasil tangkapan orang tua lebih dari setengah yang ditangkap kalangan muda. (10) Hasil tangkapan tersebut nantinya akan dimasak untuk dijadikan hidangan yang lezat dan bergizi.

Soal Nomor 14
Kalimat bermajas dalam kutipan narasi di atas terdapat pada nomor $\cdots \cdot$
A. 1 dan 2                          D. 7 dan 8
B. 3 dan 4                          E. 8 dan 9
C. 5 dan 6

Pembahasan

Kalimat nomor 5 memuat majas antitesis, yaitu majas yang membandingkan dua hal yang berlawanan:  “Festival ini diikuti oleh berbagai kalangan, dari anak-anak, kalangan muda, dan orang tua.”
Kalimat nomor 6 memuat majas sinekdok jenis totem pro parte, yaitu majas yang menyebutkan bagian besar dari sesuatu untuk mewakili sebagian atau menyatakan suatu bagian dari objek dengan objek lain yang lebih luas maknanya: “Semua orang terlihat ceria, gembira, dan penuh semangat.” Semua orang yang dimaksud di sini bukan berarti semua orang yang ada di dunia, melainkan semua orang yang mengikuti festival tersebut.
(Jawaban C) 

[collapse]

Soal Nomor 15
Orang tua menangkap sebanyak $x$ toler belalang dan kalangan muda menangkap sebanyk $y$ toler belalang. Banyaknya toler $(x, y)$ memenuhi persamaan $4x^2+9xy-116x = -148$ dan $9y^2+3xy-174y = -693$. Berapa jumlah minimum toler yang harus disediakan sebagai tempat tangkapan belalang?
A. $7$                        C. $11$                   E. $13$
B. $10$                      D. $12$

Soal Nomor 16
Wayan mengatur empat stoples percobaan A, B, C, dan D seperti pada gambar berikut.
Wayan hanya mengambil tiga stoples percobaan yang menunjukkan bahwa seekor belalang membutuhkan air dan udara untuk bertahan hidup. Berdasarkan percobaan Wayan, stoples yang menunjukkan bahwa belalang membutuhkan air dan udara adalah stoples $\cdots$, serta variabel kontrol yang tepat adalah $\cdots \cdot$

  1. A, C, dan D; jumlah lubang dan jumlah belalang
  2. A, B, C, dan D; jumlah lubang dan volume air
  3. A, B, dan D; jumlah belalang dan ukuran stoples 
  4. B, C, dan D; warna stoples dan jumlah belalang
  5. A, B, dan C; ukuran stoples dan jumlah lubang

Narasi berikut untuk soal nomor 17 – 20.
Keterbatasan sumber energi mengharuskan kita untuk mencari sumber energi alternatif. Mesin stirling merupakan pilihan sumber energi alternatif yang tepat karena memiliki reputasi kerja yang baik dan masa kerja yang lama (di atas 20 tahun). Mesin ini memiliki potensi yang bagus untuk mencapai efisiensi tertinggi dari semua mesin kalor yang ada. Terdapat tiga tipe mesin stirling, yaitu tipe alfa, beta, dan gamma. Spesifikasi alat satu unit mesin stirling dengan stroke dari displacer adalah $28$ mm dan crank radius-nya $14$ mm sehingga membuat efisiensi mesin stirling meningkat. Prinsip kerja dari mesin stirling dititikberatkan kepada volume ekspansi yang dilakukan oleh sistem. Untuk menghasilkan efisiensi yang diharapkan, volume ekspansinya harus diperhitungkan secara presisi dengan persamaan berikut.
$$V_{\text{epp}} = \dfrac{\text{Swept Volume Displacer Cylinder}}{25} \to \text{SVDC} = \dfrac{\pi}{4} \cdot d^2 \cdot \text{stroke}$$Volume ekspansi yang besar akan menghasilkan daya mesin yang besar pula, tentunya tidak hanya volume ekspansi yang berpengaruh terhadap daya mesin, tetapi juga ada faktor lain seperti tekanan dan rotasi yang dilakukan mesin.

Soal Nomor 17
Berapakah volume mesin stirling jika diameter piston sebesar $26$ mm?
A. $233,32~\text{dm}^3$
B. $232,32~\text{m}^3$
C. $233,32~\text{m}^3$
D. $2337,32~\text{mm}^3$
E. $\bf{2377,32~\text{mm}^3}$ 

Soal Nomor 18
Diketahui diameter flywheel adalah $54$ m, besar sudut terbesar $\angle ACB = 210^\circ$, dan $\angle AOD = 75^\circ$.

Jarak terdekat connecting rod dengan piston ketika piston ekspansi adalah $\cdots$ mm.

A. $31,94$                           D. $53,08$
B. $33,99$                           E. $\bf{73,77}$
C. $46,09$

Soal Nomor 19
Penggerak mesin stirling terbuat dari dua buah logam $X$ dan $Y$ yang disambungkan, seperti tampak pada gambar.
Logam $X$ dan $Y$ memiliki ukuran yang sama, tetapi jenis logamnya berbeda. Ujung kiri logam $X$ bersuhu $120^\circ\text{C}$ dan ujung kanan logam $Y$ bersuhu $80^\circ\text{C}$. Jika koefisien konduksi termal $X$ adalah $2$ kali koefisien logam, maka suhu sambungan logam $X$ dan $Y$ adalah $\cdots \cdot$

A. $\bf{106,66^\circ\text{C}}$                      D. $176^\circ\text{R}$
B. $206,66^\circ\text{C}$                           E. $203^\circ\text{R}$
C. $106^\circ\text{R}$

Soal Nomor 20
Pak Chandra membeli mesin stirling alfa dengan harga Rp600.000,00 dan menjualnya kembali dengan keuntungan $8\%$. Kemudian, Pak Chandra membeli mesin stirling gamma dengan harga Rp400.000,00 dan menjualnya. Pak Chandra memperoleh keuntungan $2\%$ dari hasil penjualan kedua mesin stirling tersebut. Pada penjualan mesin stirling gamma, Pak Chandra mengalami $\cdots \cdot$
A. keuntungan $8\%$                    
B. keuntungan $7\%$                    
C. kerugian $8\%$
D. kerugian $7\%$
E. kerugian $6\%$

Pembahasan

Harga beli total yang dikeluarkan Pak Chandra adalah Rp1.000.000,00. Misalkan $x\%$ adalah keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan mesin stirling gamma. Dengan demikian, diperoleh
$$\begin{aligned} 2\% \times 1.000.000 & = 8\% \times 600.000 + x\% \times 400.000 \\ 20.000 & = 48.000 + 4.000x \\ -28.000 & = 4.000x \\ x & = -7 \end{aligned}$$Karena bertanda negatif, maka penjualan mesin stirling gamma justru mengalami kerugian. Jadi, Pak Chandra mengalami kerugian $7\%.$
(Jawaban D)

[collapse]
 

Leave a Reply

Silakan beri tanggapan dan saran, tidak perlu sungkan. Mohon juga diinformasikan melalui kolom komentar ini bila ada kesalahan pengetikan sekecil apapun (typo atau bahasa latex yang error) atau kesalahan konsep dan pembahasan soal. Terima kasih. Ganbatte!

Your email address will not be published. Required fields are marked *