Profil Administrator

      Bagi para pengunjung blog mathcyber1997.com ini mungkin sudah pernah melihat nama penulis postingan di sini, yaitu “Sukardi“. Ya, itu adalah nama asli saya.


      Saya lahir di Pontianak, tanggal 18 Juli 1997, asal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Tebakan Anda tepat bila angka pada nama blog “mathcyber1997” diambil dari tahun kelahiran saya. Seorang penyuka matematika yang mewarisi sifat “cuek” dari cerita romans bahwa sifat klasik seorang matematikawan adalah pendiam dan serius saat menyelesaikan masalah. Saya adalah math lover, sekarang merupakan guru matematika. Masa kuliah Strata-1 di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tanjungpura telah usai sejak diwisuda pada tanggal 30 Oktober 2019. Selanjutnya di tahun 2020, saya berencana untuk mengambil studi program magister Pengajaran Matematika di Institut Teknologi Bandung (ITB). Doakan semoga lancar ya, guys!
      Jika ditanya apa hobi saya, saya akan menjawab “membaca dan menulis”. Mungkin ada juga yang bertanya-tanya mengapa saya menggunakan nama “shanedizzysukardy”. Shane Dizzy adalah nama ilham yang saya dapat saat masa SMA dulu. Entah bagaimana cerita jelasnya, saya merasa terikat batin dengan nama Shane Dizzy, sehingga saya menggabungkannya menjadi Shane Dizzy Sukardi (atau Shane Dizzy Sukardy).


Latar Belakang
    Saya mulai menyukai matematika pada saat beberapa bulan menjelang UN SMA pada tahun 2015. Awalnya, saya membuat catatan berupa materi dan soal-soal latihan yang dicatat di kertas, kemudian dikumpulkan dalam buku binder untuk mata pelajaran matematika, kimia, dan fisika. Ini merupakan metode yang saya pakai untuk menghadapi UN yang “mengerikan” saat itu. Hampir tiap malam saya mencatat dan mempelajari soal-soal yang ada di buku Detik-detik sampai-sampai saya ketiduran.
Hari demi hari saya menemukan hal baru dalam hidup saya ketika saya menyadari dan yakin bahwa matematika adalah passion saya. Di saat itu, hidup saya masih penuh keraguan dan dilema. Banyak hal yang masih mengaum di kepala. Seseorang mungkin berkata, “Menyukai hal yang kebanyakan orang benci sungguh menantang, bukan?”
   Hal yang begitu mengesankan pada momen itu adalah saat pengumuman hasil tes SBMPTN 2015, ketika saya secara resmi diterima sebagai mahasiswa prodi matematika FKIP Untan Angkatan 2015. Ada yang menyayangkan mengapa saya tidak memilih jurusan komputer, karena saya sering kali menjuarai lomba mapel komputer/TIK, terutama programming dan blogging, saat masa SMA dulu. Namun, saya sendiri yakin bahwa pilihan ini tidak mungkin salah karena Tuhan yang mengantarkan dan Tuhan yang memberikan jalan. Di masa perkuliahan, saya menyadari bahwa penulisan materi dan soal pada kertas yang dijepit oleh buku binder tak mungkin bertahan lama (bisa saja hilang, rusak, dan juga memakan banyak kapasitas).

Kumpulan Catatan dalam Binder
 Kumpulan Catatan dalam Binder

    Pada masa kuliah semester 2, saya mencoba menghidupkan kembali blog saya yang dulu dipakai saat lomba, yaitu saintpaul50.blogspot.com (penamaannya berasal dari nama sekolah, SMA Santo Paulus Pontianak, saat perayaan hari ultahnya yang ke-50), sekarang diganti menjadi mathcyber1997.blogspot.com.  Banyak sekali blog (khususnya dengan topik matematika) yang saya temukan memberi penjelasan yang tidak sistematis dan kurang rapi dari segi penampilan. Hal ini sebetulnya dapat dimaklumi mengingat matematika identik dengan penyajian rumus/simbol tertentu yang tidak dapat di-generated langsung oleh web, lain cerita kalau kita membahas pengolah kata seperti Microsoft Word yang menyediakan fitur Equation. Karena masalah tersebut, saya mulai meninggalkan aktivitas blogging.

Logo Blog Mathcyber
Logo Blog Mathcyber

    Pada saat menjelang semester 5, saya diperkenalkan dengan $\LaTeX$ , fitur mirip bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk membantu menuliskan simbol/rumus matematika termasuk pada situs. $\LaTeX$ mulai saya pakai saat menjawab soal-soal di aplikasi Brainly, kemudian keinginan untuk blogging kembali muncul, tetapi saya bertekad ingin memulai lembaran baru. Dengan modal 200 ribuan rupiah, saya membeli domain untuk blog yang baru (fiturnya lebih lengkap), khusus untuk memposting materi dan soal serta ilmu-ilmu lainnya tentang matematika. Blog itulah yang bernama “mathcyber1997.com” di mana saya mengombinasikan ilmu matematika dan komputer dalam satu kesatuan yang tak terpisahkan. Blog tersebut diaktifkan sejak bulan Oktober 2017. Hampir semua postingan di blog ini diselipkan quote-quote inspiratif dari tokoh-tokoh terkenal. Ini semata-mata untuk menginspirasi pembaca agar terus dapat belajar dan berkarya, terutama untuk memberikan kontribusi kepada negara kita tercinta, Indonesia. Jangan pernah menyerah, ya!

7 of 7 Keajaiban Dunia: Marianus Hengky, Sunarti, Farly Galih Saputra, Agnes Ervinda B.R. Ginting, Robby Dini Supriyadi, Sukardi, Violita Fazrianti
Kandid ya. Percaya deh!
Kelas X PM 2 SMKN 3 Pontianak saat masa PPL S1 Pendidikan Matematika FKIP Untan
Kelas X PM 3 SMKN 3 Pontianak saat masa PPL S1 Pendidikan Matematika FKIP Untan
Bersama Pak Saidin Soda, M.Pd sebagai Guru Pamong
Penyerahan Piagam Sebagai Pemateri GEOMETRI Himmat FKIP Untan
Usai Sidang Skripsi Tanggal 15 Juli 2019
Momen Pemindahan Kucir Toga oleh Rektor Untan saat Wisuda 30 Oktober 2019
Bersama Rekan Sarjana: Bu Agnes Ervinda dan Bu Valeria Fransiska
Bersama Kawan Seperjuangan: Bu Violita Fazrianti
Bersama sobat lama: Myself (kiri), Dennis Wiratama (tengah), dan Willy H. G (kanan)
Sempetin membina untuk persiapan KSN
Bersama Pak Sutaryo, guru matematika SMA dulu
Bersama Pak Sutaryo, guru matematika saat SMA 

Bagi kalian yang telah membaca profil ini maupun telah membaca beberapa postingan yang ada di dalam blog ini, jangan sungkan untuk memberi kritik dan saran atau request materi/soal matematika pada kolom komentar di bawah. Saya tentunya akan sangat senang bila kalian meninggalkan balasan yang sifatnya membangun blog ini. 

Oh ya, guys. Mathcyber juga punya akun Instagram, lho. Akun Instagram dibantu pengelolaannya oleh dua rekan admin, Bapak Farly Galih Saputra dan Ibu Sunarti.
Jangan lupa follow ya, karena akan banyak konten menarik yang di-upload di sana. Nih, link-nya: @mathcyber_
See you!

41 Replies to “Profil Administrator”

  1. Wow, masih 23 tahun tp sdh bnyk ilmunya. Usia yg membuat iri. Salam kenal, rekan sesama guru, hny saja Sy jauh lbh “senior” (baca: “tua”). Tak sengaja ketemu blog ini dan ternyata kontennya sangat bagus, rapi. Kumpulan soalnya juga bagus sekali. Thanks a lot. Smg bs tercapai tujuan kuliah di ITB ya..

  2. mantap saya lulusan 2019 juga dan web ini bisa bntu saya dalam mengikuti tes skb cpns.
    ingin rasanya membuat website seperti anda bisa membantu teman teman yg ingin belajar matematika

  3. keren, kirain lulusan 97 (udah tua oopss), eh tahunya baru lahir. Saya lulus 2018, beda setahun kita tapi rasanya ilmunya bp jauh diatas saya, saya kurang ngerti bahasa pemograman kayak gitu hhe . Terimakasih atas ilmunya, saya kadang ngambil soal buat latihan siswa dari blog ini.

  4. Mantap banget. Kita seumuran min. Sama2 lulusan s1 pendidikan matematika walo beda angkatan. Gak nyangka kalo adminnya seumuran loh. Blog ini sangat membantu saya sejak awal taun saat saya kebingungan mencari soal tes yang cocok untuk bahan skripsi saya dan di sini akhirnya saya menemukan ide. Latihan soal yang disediakan sangat beragam mulai level biasa sampai tinggi bahkan tipe2 soal HOTS. Semoga ilmu yang dibagikan di sini bisa menjadi amal jariyah ya min. Semangat. Dan terimakasih. Semoga makin maju dan berkembang lagi.

  5. Kereeeeeen,
    Kak, boleh minta email atw apa yg bisa dihubungi secara privadi….untuk adik saya. Adik saya ingin memperdalam matematika, tq kak

  6. ka mohon maaf mengganggu, bisa minta tolong penyelesaian soal statistik dan probabilitas adik saya dibawah ini :
    1. Ada tiga jenis pengangkutan bahan dari Jakarta ke Palembang, yaitu melalui darat,laut atau udara. Juga pengangkutan darat dapat dilakukan dengan kereta api atau jalan raya. 50% bahan-bahan diangkut lewat darat, 30 % lewat laut dan 20% lewat udara. Juga 40 % dari semua pengangkutan darat lewat jalan raya dan 10% dengan kereta api. Persentase dari barang muatan (kargo) yang rusak masing-masing adalah:
    10% yang dikirimkan lewat jalan raya,
    5% lewat kereta api,
    6 % lewat laut, dan
    2% lewat udara.
    ditanyakan :
    a. Berapakah persentase dari semua muatan yang diperiksa akan rusak?
    b. Berapakah probabilitas bahwa suatu muatan yang diterima dalam keadaan
    rusak bila diangkut lewat darat, laut atau udara?
    Terima kasih kak

  7. Wihhh kuerennn profilnya hebat banget. Aku suka blog ini setiap kesusahan soal” matematika SMA saya selalu cari blog ini karena memang penjelasannya sistematis. Makasih kak sukses selalu😀

  8. Kemaren malam saya mencari soal soal matematika sederhana untuk mengajarkan anak saya yang akan masuk PTN, tentang soal soal deret dan saya menemukan blog anda dan saya sangat tertarik akan penyajian yang mudah dimengerti dan penulisan simbol math yang detail (hanya sedikit kesalahan ketik dalam pembahasan penyelesaian masalah … maaf saya lupa, nanti saya beritahukan selanjutnya) …

    Terima kasih anda membuat saya lebih mudah mengajarkan anak saya, semoga anda selalu diberkati TUHAN dan diberikan jalan yang terang untuk menuju cita cita anda.

    Saya sendiri teringat kepada diri saya yang hampir mirip dengan anda, sewaktu saya di kelas 3 SMP, dimana saya bingung terhadap diri saya untuk melanjutkan SMA. Nilai matematika saya jeblok tapi hobi saya bermain catur. Akhirnya saya memutuskan untuk belajar matematika dari 1+1, 1-1 dst. Tanpa terasa tiada hari tanpa math dan singkat kata saya telah menguasai math level perguruan tinggi sebelum kls 2 SMA. Singkat kata karena Math, saya mendapatkan beasiswa ke Jepang, tp mengambil bukan bid. Math.

    Apa yang anda lakukan sudah tepat, berbuatlah sebanyak mungkin kebaikan, karena anda akan banyak diberikan kemudahan olehNYA. Jangan bosan bosan berbuat baik, karena akan berbuah jauh lebih baik dibuat olehNYA.

    Saya yakin anda akan mendapatkan beasiswa baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Carilah informasi lebih lanjut baik melalui koneksi profesor maupun temanmu yang sudah berada di LN.

    Saya menyarankan anda tidak perlu mendalami S2 atau S3 di Math, tetapi anda bisa juga mengambil hal hal yang baru dalam kehidupan anda. Semua ilmu pengetahuan akan berhubungan dengan logika dan di Math itu logika telah dilatih matang.

    Di Jepang banyak membutuhkan mahasiswa dari LN, karena mereka telah berpenduduk tua dan kaum mudanya kurang suka untuk mengambil S2 dan S3.

    Cobalah anda cari cari informasinya …
    https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu.html
    beasiswa dari kedutaan besar Jepang (tidak perlu bisa berbahasa Jepang) … Tapi yang ini untuk program S1 …

    Semoga Sukses … dan TUHAN memberkati …

    BS Tambunan

    1. Baik, Pak. Terima kasih untuk semua kritik dan informasinya. Untuk kesalahan soal/pembahasan, monggo segera disampaikan pada artikel/postingan terkait di bagian kolom komentar supaya dpt segera diperbaiki, Pak. Sukses juga utk Bapak.

  9. terima kasih kak atas karya kakak di blog ini.
    urutan dari soal-soal yang disajikan juga membantu. soalnya dimulai dari yang paling mudah dan kemudian mulai ke soal yang lebih kompleks. dan hal ini sangat membantu saya dalam membentuk konsep pemahaman saya.
    mungkin saran agar blog ini lebih baik lagi, variasi soal bisa dikembangkan lagi kak.
    dan jika memungkinkan buat kakak, maybe mulai membahas soal-soal di dalam sebuah buku secara tuntas bagus juga tuh kak. jadi ketika ada yang kesulitan di dalam menyelesiakan soal yang diberikan bisa memberikan pencerahan (hehehe). nah, karena itu perlu diprediksi buku yang banyak digunakan oleh para pelajar kak.
    ini hanya saran saja kak jika memungkinkan bagi kakak.

    sekian semoga semakin sukses terus ya kak termausk S2 ITB nya. jangan pernah berhenti berkarya kak, karena kita tidak tahu mungkin manfaat karya kita sangat berguna dan sangat membantu bagi seseorang.
    semoga kakak selalu menjadi berkat bagi sekitar
    🙂

    1. Siap. Setiap postingan memang selalu diupdate dengan soal-soal yang tingkat kesulitan atau variansinya berbeda untuk meningkatkan pemahaman pembaca dan melatih pola pikir kontinu. Terima kasih doanya, ya. Sukses selalu

  10. Terima kasih banget Kak Sukardi :). Ini adalah salah satu langkah untuk memajukan generasi bangsa Indonesia loh. Disaat bimbel mahal, disini sangat membantu sekali. Saya kagum sekali kakak menyempatkan waktu dan bertekad keras membuat website yang sangat bermanfaat sekali. Kakak harusnya bisa di interview di acara seperti Kick Andy(Metro TV).

  11. Keren banget webnya membantu banget buat belajar bahkan untuk mhs matematika tingkat 3 :’) semoga terkabul sekolah S2 ITB-nya

  12. Terimakasih kak..
    Cerita kakak tentang asal-usul kecintaan di matematika sangat menginspirasi, hehe.
    Dan blognya juga sangat menarik kak…

  13. lagi “liat-liat” soal UN di web, kaget ketemu soal geometri tak hingga yang beda, ada pembahasannya juga, keren mas, tetap berkarya

  14. Terimkasihh atas blognya kak. Blog ini sangat membantu dan tampilan juga bagus. Biasanya kan aku buka blog yang isinya angka angka matematika nya itu ga rapi. Tp blog ini tuh bagus banget tampilannya pembahasannya pun jelas dan gampang dimengerti. Aku jg pgn tau cara membuat blog seperti ini bagaimana caranya?

  15. Trimakasih atas blog nya, suka tampilannya karna di home page nya langsung to the point ke daftar isi, shg kesannya friendly.

    Apakh trbuka untuk mnerima prtanyaan yg agak keluar dari topik?
    Sy ingin tanya mengenai ranking fuzzy, apakah bisa melalui email?

  16. Terima kasih atas blognya.
    Sangat inspiratif dan bermanfaat isi blognya. Memudahkan para siswa dalam belajar. Semoga ilmu yang dibagi menjadi berkah

Tinggalkan Balasan

Silakan beri tanggapan dan saran, tidak perlu sungkan. Mohon juga diinformasikan melalui kolom komentar ini bila ada kesalahan pengetikan sekecil apapun (typo atau bahasa latex yang error) atau kesalahan konsep dan pembahasan soal. Terima kasih. Ganbatte!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *