Profil Administrator

      Bagi para pengunjung blog mathcyber1997.com ini mungkin sudah pernah melihat nama penulis postingan di sini, yaitu “Sukardi“. Ya, itu adalah nama asli saya.

      Saya lahir di Pontianak, tanggal 18 Juli 1997, asal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Tebakan Anda tepat bila angka pada nama blog “mathcyber1997” diambil dari tahun kelahiran saya. Seorang penyuka matematika yang mewarisi sifat “cuek” dari cerita romans bahwa sifat klasik seorang matematikawan adalah pendiam dan serius saat menyelesaikan masalah. Saya adalah math lover, sekarang merupakan guru matematika. Masa kuliah Strata-1 di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tanjungpura telah usai sejak diwisuda pada tanggal 30 Oktober 2019. Jika ditanya apa hobi saya, saya akan menjawab “membaca dan menulis”. Mungkin ada juga yang bertanya-tanya mengapa saya menggunakan nama “shanedizzysukardy”. Shane Dizzy adalah nama ilham yang saya dapat saat masa SMA dulu. Entah bagaimana cerita jelasnya, saya merasa terikat batin dengan nama Shane Dizzy, sehingga saya menggabungkannya menjadi Shane Dizzy Sukardi (atau Shane Dizzy Sukardy).


Latar Belakang
          Saya mulai menyukai matematika pada saat beberapa bulan menjelang UN SMA pada tahun 2015. Awalnya, saya membuat catatan berupa materi dan soal-soal latihan yang dicatat di kertas, kemudian dikumpulkan dalam binder untuk mata pelajaran matematika, kimia, dan fisika. Ini merupakan metode yang saya pakai untuk menghadapi UN saat itu. Tetapi, hari demi hari saya menemukan hal baru dalam hidup saya ketika saya menyadari dan yakin bahwa matematika akan membawa saya menuju kesuksesan dan masa depan. Hal yang begitu mengesankan pada momen itu ketika pada saat pengumuman hasil tes SBMPTN 2015, saya diterima sebagai mahasiswa prodi matematika FKIP Untan Angkatan 2015. Ada yang menyayangkan mengapa saya tidak memilih jurusan komputer, karena saya sering kali menjuarai lomba mapel komputer/TIK, terutama programming dan blogging. Tapi, saya sendiri yakin bahwa pilihan ini tidak mungkin salah karena Tuhan yang mengantarkannya. Lama kelamaan, saya menemukan pada penulisan materi dan soal pada kertas yang dijepit oleh binder ini tak mungkin bertahan lama (bisa saja hilang, rusak, dan memakan banyak tempat).

Kumpulan Catatan dalam Binder
            Kumpulan Catatan dalam Binder

         Pada masa kuliah semester 2, saya mencoba merestorasi blog yang dulu dipakai saat lomba, yaitu saintpaul50.blogspot.com (penamaannya berasal dari nama sekolah, SMA Santo Paulus Pontianak, saat perayaan hari ultahnya yang ke-50), sekarang diganti menjadi mathcyber1997.blogspot.com.  Banyak sekali blog yang saya temukan memberi penjelasan yang tidak sistematis dan kurang rapi. Tetapi, fakta menunjukkan bahwa menuliskan rumus/simbol matematika di blog/website tidak semudah di Ms. Word. Di masa-masa itu, saya mulai meninggalkan aktivitas blogging. Pada saat menjelang semester 5, saya diperkenalkan dengan $\LaTeX$ , fitur mirip bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk membantu menuliskan simbol/rumus matematika termasuk pada website. $\LaTeX$ mulai saya pakai saat menjawab pertanyaan di aplikasi Brainly, kemudian keinginan untuk blogging kembali muncul, tetapi saya ingin memulai lembaran baru. Dengan modal 200 ribuan rupiah, saya membeli domain untuk blog yang baru (fiturnya lebih lengkap), khusus untuk memposting materi dan soal serta ilmu-ilmu lainnya tentang matematika. Blog itulah yang bernama “mathcyber1997.com” di mana saya mengombinasikan ilmu matematika dan komputer dalam satu kesatuan yang tak terpisahkan.

7 of 7 Keajaiban Dunia: Marianus Hengky, Sunarti, Farly Galih Saputra, Agnes Ervinda B.R. Ginting, Robby Dini Supriyadi, Sukardi, Violita Fazrianti
Kandid ya. Percaya deh!
Kelas X PM 2 SMKN 3 Pontianak saat masa PPL S1 Pendidikan Matematika FKIP Untan

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas X PM 3 SMKN 3 Pontianak saat masa PPL S1 Pendidikan Matematika FKIP Untan
Bersama Pak Saidin Soda, M.Pd sebagai Guru Pamong
Penyerahan Piagam Sebagai Pemateri GEOMETRI Himmat FKIP Untan
Usai Sidang Skripsi Tanggal 15 Juli 2019
Momen Pemindahan Kucir Toga oleh Rektor Untan saat Wisuda 30 Oktober 2019
Bersama Rekan Sarjana: Bu Agnes Ervinda dan Bu Valeria Fransiska
Bersama Kawan Seperjuangan: Bu Violita Fazrianti

Bagi Anda yang membaca profil ini, jangan sungkan untuk memberi kritik dan saran atau request materi/soal matematika pada kolom komentar di bawah. Saya tentunya akan sangat senang bila Anda meninggalkan balasan yang sifatnya membangun blog ini.

One Reply to “Profil Administrator”

  1. Terima kasih atas blognya.
    Sangat inspiratif dan bermanfaat isi blognya. Memudahkan para siswa dalam belajar. Semoga ilmu yang dibagi menjadi berkah

Leave a Reply

Silakan beri tanggapan dan saran, tidak perlu sungkan. Mohon juga diinformasikan melalui kolom komentar ini bila ada kesalahan pengetikan sekecil apapun (typo atau bahasa latex yang error) atau kesalahan konsep dan pembahasan soal. Terima kasih. Ganbatte!

Your email address will not be published. Required fields are marked *