Kumpulan Istilah Lengkap Mengenai Blogging

Mathcyber1997 merupakan nama blog yang dibangun dengan niche pendidikan matematika. Hampir semua postingan di blog ini berbau matematika. Kali ini, penulis berbagi ilmu di luar konteks tersebut, yaitu mengenai istilah dalam dunia blogging. Blogging adalah aktivitas/kegiatan mengembangkan blog. Bagi para blogger pemula yang baru terjun menikmati dunia blogging, sering kali menemukan istilah “asing” yang diucapkan oleh para mastah terutama dalam forum atau komunitas para blogger. Penulis berusaha merekam berbagai istilah tersebut dan mengumpulkannya menjadi satu kesatuan untuk kemudian dijadikan referensi postingan ini. Semoga bermanfaat!

1. Blog
Blog merupakan singkatan dari web log. Blog merupakan wadah atau sejenis fitur yang digunakan oleh penggunanya untuk mengunggah artikel terkait informasi tertentu yang diharapkan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Blog cenderung bersifat personal dan umumnya perlu di-update setiap waktu.

2. Blogger
Blogger adalah orang yang membuat blog atau orang yang berkecimpung dalam mengunggah artikel-artikel di blog.

3. Blogroll
Kumpulan tautan blog yang biasanya diletakkan di bagian pinggir tampilan blog (sidebar) sebagai bentuk rekomendasi untuk dikunjungi para pembaca.


4. Blogosphere

Istilah umum yang diartikan sebagai dunia blogging.

5. Spam
Komentar atau kalimat yang ditulis semata-mata untuk promosi atau memperoleh backlink yang biasanya ditulis secara berulang-ulang.

6. Traffic
Parameter (ukuran) yang menyatakan banyaknya arus pengunjung suatu blog. Semakin tinggi traffic, blog akan dikatakan semakin bagus.

7. Anchor Text
Kata atau frasa yang dapat diklik dalam suatu tautan (biasanya ditulis dalam warna biru).

8. Backlink/Trackback
Semua tautan dalam halaman/tampilan blog yang mengarahkan pengunjung ke situs lain.



9. Template
Pola/desain yang digunakan untuk mengatur tampilan blog.

10. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah teknik yang digunakan untuk memaksimumkan jumlah pengunjung blog dengan cara memberi peluang lebih besar agar setiap postingan di blog muncul pada halaman pertama mesin pencari dengan keywords tertentu.

11. Search Engine Result Page (SERP)
Hasil pencarian pada mesin pencari, seperti Google.

12. Favorite Icon (Favicon)
Gambar kecil berupa Display Picture (DP) dalam blog.


13. Hosting
Hosting atau Web Hosting adalah fitur yang dapat dianalogikan seperti brankas untuk menampung data-data yang diperlukan oleh blog sehingga dapat diakses oleh para pengunjung. Hosting dapat diibaratkan sebagai “rumah” bagi blogger.

14. Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat server komputer seperti web server atau email server di internet. Jika hosting adalah rumah, maka domain adalah alamat rumahnya. Kedua aspek ini harus ada untuk membangun sebuah blog.
Contoh domain: https://mathcyber1997.com/

15. Feed

Feed atau Feed Web adalah sederet artikel yang dapat di-scroll pada blog, misalnya daftar konten terpopuler.


16. Niche
Kata/frasa mengenai topik atau bahasan tertentu dalam sebuah blog. Misalnya, mathcyber1997 merupakan blog dengan niche pendidikan matematika. Ini berarti, blog tersebut dominan membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan matematika (membahas soal, materi, dan sebagainya).

17. Dummy Blog
Blog yang bertujuan untuk memperoleh backlink untuk blog utama. Tujuannya agar blog utama semakin ramai dikunjungi dengan menambah sumber traffic.

18. Blogwalking
Berkunjung ke blog lain sekaligus memberikan jejak berupa komentar, respons, dan sebagainya. Blogwalking merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh para sesama blogger untuk silaturahmi, saling mengkritik/memberi saran, dan meningkatkan posisi konten di mesin pencari.


19. cPanel
Sebuah fitur seperti Control Panel di Windows yang digunakan untuk mengatur seluruh perangkat dalam blog.


20. Guest Post
Jasa dari seorang blogger untuk mengizinkan blognya agar postingan/artikel yang dibuat oleh pihak tertentu dapat dipublikasikan. Tujuannya untuk promosi, kerja sama dengan tujuan tertentu, dan sebagainya.

21. Bounce Rate
Persentase pengunjung yang meninggalkan blog setelah membuka satu halaman (page) saja. Semakin kecil persentasenya, maka blog dikatakan semakin bagus. Dengan kata lain, blog dengan bounce rate rendah menunjukkan bahwa pengunjung betah dengan blog tersebut.

22. Sitemap
Seputar ulasan tentang website/blog dan seluruh halaman atau tautan dalam blog tersebut.

23. Top Level Domain (TLD)
Kategori level tertinggi untuk membedakan nama domain, misalnya .org, .com, .net, dan sebagainya. Dalam pelajaran bahasa Indonesia, TLD merupakan sufiks (akhiran) dalam domain.

24. Blog Gado-gado
Blog dengan niche campur aduk (beragam).

25. Blog Zombie
Blog yang dibuat menggunakan platform blog gratisan seperti blogger.com yang sudah dihapus, tetapi alamat blog tersebut didaftarkan ulang kembali untuk memberi peluang peningkatan traffic.

26. Auto Generated Content (AGC)
Trik hitam dengan membuat konten blog lain tercantum di blog sendiri secara otomatis sehingga dapat ditampilkan ketika di-browse menggunakan mesin pencari.

27. Sitelink
Kumpulan tautan yang muncul ketika nama blog diketikkan di mesin pencari.


28. Jingling
Software auto-visitor buatan Cina yang menggunakan bot (robot) untuk mengunjungi website atau blog tertentu. Persentase traffic akan naik, tetapi aktivitas ini bersifat ilegal, dan blog tersebut dapat diblokir dari aktivitas penampilan iklan seperti Google Adsense.

29. Visitor Organik
Pengunjung yang datang mengunjungi blog dari hasil pencarian menggunakan mesin pencari.

30. Google Adsense
Google Adsense adalah penyedia jasa penampil iklan di blog/website. Harapan seorang blogger pada umumnya adalah berbagi ilmu sekaligus mencari penghasilan. Salah satu sumbernya adalah melalui penayangan iklan tersebut.


31. Monetisasi
Monetisasi adalah istilah spesial yang berarti membuat blog menjadi sumber penghasilan uang bagi pembuatnya. Aktivitas yang bersifat memonetisasi blog, misalnya promosi jasa, menampilkan iklan, donasi, dan sebagainya.

32. Payout (PO)
Payout adalah istilah yang menyatakan cairnya saldo hasil monetisasi blog yang biasanya berupa uang. Dalam percakapan sehari-hari, dapat dikatakan sebagai gajian.

33. Mastah/Suhu
Mastah (plesetan dari “Master) adalah istilah yang diberikan kepada para blogger yang expert (ahli). Mastah juga dapat dijadikan sinonim dari Suhu.

34. Shortlink (Tautan Pendek)
Shortlink adalah Uniform Resource Locator (URL) yang dimodifikasi sedemikian sehingga karakternya menjadi lebih sedikit, tetapi tetap merujuk pada URL yang sebenarnya sehingga tidak bersifat merugikan.
Contoh: http://goo.gl/7lrjYn.

35. Rekber Tri Hariyanto
Rekening Bersama (Rekber) merupakan perantara/pihak ketiga yang terlibat dalam transaksi jual beli antara sesama blogger. Tri Hariyanto sendiri adalah nama orang yang terkenal sebagai perantara paling terpercaya di komunitas/perkumpulan para blogger Indonesia.

36. AdMob
Platform monetisasi Android yang dapat membantu memaksimalkan pendapatan dari iklan dan pembelian dalam aplikasi.

37. Phishing
Cara untuk mendapatkan informasi pribadi dengan melakukan penelusuran identitas yang sifatnya ilegal, biasanya melibatkan pengiriman e-mail.

38. Safelink
Halaman pada website/blog yang berfungsi untuk mendeteksi apakah URL/tautan yang dituju aman atau tidak dari ancaman virus atau malware. Dengan kata lain, safelink digunakan untuk menghindari serangan virus atau malware.

39.Viewer (Penayang)
Viewer adalah pihak yang membuka postingan tertentu di suatu blog. Ketika orang yang sama membuka 2 postingan di suatu blog, maka dianggap sebagai 2 viewer berbeda untuk masing-masing postingan tersebut.

40.Visitor (Pengunjung)
Visitor adalah pihak yang mengunjungi blog. Visitor yang satu dengan yang lain dibedakan oleh alamat IP (Internet Protocol).

41.Cost Per Click (CPC)
Istilah CPC ditemukan dalam unit penayangan iklan, termasuk Google Adsense. CPC adalah jumlah nominal yang didapat ketika ada pengunjung blog yang mengklik iklan yang ditampilkan. Misalkan, CPC bernilai 800 IDR, artinya penayang iklan akan mendapatkan Rp800,00 (delapan ratus rupiah) untuk setiap klik dari pengunjung blog.

42.Thread Starter (TS)
Dalam komunitas/forum para blogger, istilah TS sering ditemukan. TS merupakan orang/pihak yang memulai sebuah diskusi dengan cara memposting atau menanyakan informasi tertentu untuk kemudian ditanggapi oleh orang lain.

43.Cost Per Mille (CPM) atau Cost Per Thousand (CPT)
CPM atau CPT adalah satuan ukur yang diterapkan dalam penayangan iklan sebanyak 1.000 kali. Sebagai contoh, $1 CPM artinya penayang iklan mendapat $1 untuk tampilnya 1.000 iklan yang ditampilkan kepada penonton.

44. Nuyul
Istilah “nuyul” begitu populer dalam kegiatan monetisasi. Nuyul sendiri berasal dari kata “tuyul” (makhluk gaib yang dikenal sebagai pencuri harta). Nuyul adalah kegiatan ilegal berupa penggunaan trik/cara tertentu untuk memaksimumkan pendapatan dari kegiatan monetisasi yang dilakukan. Trik yang dimaksud bisa jadi melibatkan aplikasi ketiga.

45. Banned
Kata “banned” sudah menjadi istilah yang tak asing terutama bagi gamer. Banned adalah terhapusnya akun fitur tertentu karena berbagai alasan, misalnya melakukan kecurangan (cheating), aktivitas invalid, dan sebagainya.

46. Ori
Istilah “Ori” merupakan singkatan dari kata “Original”, yang artinya asli. Biasanya merujuk pada konten/postingan yang dibuat oleh seseorang. Suatu konten dikatakan ori apabila konten tersebut dibuat sendiri (tidak menjiplak milik orang lain).

47. Broken Link
Tautan dalam blog/website yang bila diklik mengarah pada halaman yang tidak ditemukan, 404 not found, atau error lainnya.

48. Blog Download
Blog yang ber-niche download, artinya kebanyakan postingan yang disajikan memberi kesempatan kepada pengunjung untuk mengunduh konten yang disediakan. 

49. Digital Millennium Copyright Act (DCMA)
Hukum hak cipta yang berbasis di Amerika Serikat. Penggunaan istilah DCMA sering disematkan ketika seseorang melakukan plagiat atau pelanggaran hak cipta atas karya orang lain, termasuk juga konten blog.

Ayo Beri Rating Postingan Ini

5 Replies to “Kumpulan Istilah Lengkap Mengenai Blogging”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *