Kumpulan Soal Persiapan Ujian Seleksi – Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

   Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan pesertanya untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. Program ini merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku mulai pada tahun 2005.

     Lulusan pendidikan profesi akan mendapatkan gelar Gr. Misalnya Pak Sukardi yang merupakan lulusan bergelar S.Pd telah lulus program PPG, maka nama beserta gelar lengkapnya akan menjadi Sukardi, S.Pd, Gr. Ini karena menurut undang-undang, guru adalah profesi, sama seperti dokter.

Baca Juga: Kesalahan Fatal Seorang Guru dalam Mengajar

   Tujuan program PPG adalah untuk menjamin kompetensi profesionalisme guru. Program ini berlaku bagi yang ingin menjadi guru, baik sarjana dari fakultas pendidikan, maupun non pendidikan.

    Nah, untuk menyelesaikan program ini, Bapak/Ibu akan dihadapkan dengan ujian yang menyertakan soal-soal seleksi dari berbagai ranah kependidikan, salah satunya adalah ranah pedagogik. Untuk itu, berikut disajikan beberapa paket soal (diunduh secara gratis dalam format PDF) sebagai langkah awal mempersiapkan ujian tersebut agar harapan lulus dari program ini dapat tercapai. Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk menyampaikan kritik/saran, terutama bila ditemukan kesalahan pengetikan soal pada arsip file tersebut.

100 Soal Persiapan Ujian Seleksi Program PPG – Kompetensi Pedagogik (Paket 1)

Sampel Soal – Kompetensi Pedagogik

Soal Nomor 1
Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan $\cdots \cdot$
A. kompetensi kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif

Soal Nomor 2
Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah $\cdots \cdot$

  1. kemampuan berkomunikasi
  2. kemampuan untuk memecahkan masalah
  3. kemampuan berinteraksi
  4. kemampuan untuk mengintegrasikan diri


Soal Nomor 3

Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika, tetapi masih terkait dengan objek-objek yang bersifat konkret merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia $\cdots \cdot$
A. 0 – 2 tahun
B. 2 – 7 tahun
C. 7 – 12 tahun
D. 12 – 15 tahun

Soal Nomor 4
Penggunaan potongan sapu lidi, kelereng, globe, dan gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media pembelajaran merupakan kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan berpikir anak. Tahapan tersebut berkaitan erat dalam hal $\cdots \cdot$

  1. anak memahami bilangan dan angka, tetapi masih terkait dengan objek bersifat konkret (operasional konkret)
  2. pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensorimotor)
  3. dominasi pengamatan bersifat egosentris
  4. kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat konkret (operasional formal)

Soal Nomor 5
Media pembelajaran berbasis TIK yang sesuai dengan pembelajaran materi “Letak Kepulauan Indonesia dan pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya” adalah $\cdots \cdot$

  1. video film, karena sangat interaktif dan tidak menguras banyak biaya
  2. gambar/poster, karena mudah dibuat dan murah
  3. media presentasi dengan menggunakan aplikasi PowerPoint, karena tampilannya lebih menarik
  4. Media streaming live, karena mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan bersifat real time

Tinggalkan Balasan

Silakan beri tanggapan dan saran, tidak perlu sungkan. Mohon juga diinformasikan melalui kolom komentar ini bila ada kesalahan pengetikan sekecil apapun (typo atau bahasa latex yang error) atau kesalahan konsep dan pembahasan soal. Terima kasih. Ganbatte!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *